Dosen

Sejak berdirinya FKIP Unram tahun 1982/1983, secara berkesinambungan melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas dosen. Sampai tahun 2014, jumlah dosen di FKIP Unram sebanyak 221 orang, namun satu orang mengundurkan diri mengikuti tempat tinggal suami (Gorontalo) dan tiga orang dosen lainnya sudah 11 Renstra FKIP Universitas Mataram, 2014-2018 diusulkan ke Rektor Unram untuk diberhentikan karena tidak ada beritanya. Dari 221 orang tersebut, sehingga jumlah dosen yang aktif sebanyak 218 orang, 17 diantaranya orang masih mengikuti pendidikan S-2 dan S-3.

dosenDari 221 orang dosen FKIP Unram, 3 (tiga) orang “tidak jelas rimbanya”, sehingga sudah diperingati dan ketiga BAP oleh Ketua Jurusannya masing-masing dan sudah diusulkan melalui Rektor Unram untuk diberhentikan. 5 orang masih mengikuti pendidikan S-2 dan 23 orang sedang mengikuti pendidikan S-3. Dengan demikian jumlah dosen FKIP yang aktif pada tahun 2014 sebanyak 193 orang.

Dari segi jumlah dosen tetap di FKIP Unram masih belum memadai, kebutuhan untuk setiap program studi masih mengalami kekurangan, karena jumlah dan jenis program studi di FKIP Unram sangat bervariasi dengan jumlah kelas dan rombongan belajar untuk setiap program studi sangat banyak. Sebagai gambaran, pada semester ganjil tahun 2013/2014 ini jumlah kelas (rombongan belajar) di FKIP Unram sebanyak 57 kelas.

Untuk mengatasi kekurangan dosen tersebut di atas, dilakukan dengan mengangkat dosen kontrak yang dibiayai dari BOPTN sebanyak 9 orang, Jumlah dosen kontrak yang dibiayai dari BOPTN dan dosen honor yang dibiayai dari PNBP/BLU, termasuk dosen luar biasa yang berasal dari fakultas lain di lingkungan Universitas Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *