Sejarah FKIP

Sejarah Singkat FKIP Universitas Mataram

FKIP Universitas Mataram (selanjutnya disebut UNRAM) dimulai dari adanya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 326/D2.3/M/80 tertanggal 31 Desember 1980 yang menugaskan kepada Unram untuk membuka Program Diploma I Kependidikan bidang Pendidikan Moral Pancasila, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika. Berdasarkan SK tersebut Rektor mengeluarkan SK Rektor No. 102/PT.21/H4/81, tanggal 25 April 1981 tentang pembukaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Unram) dan dengan keluarnya SK Presiden RI No. 63 tahun 1982, tanggal 7 September 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas Mataram, maka secara resmi FKIP Unram diakui keberadaanya sebagai salah satu fakultas di Unram. Periode pengembangan FKIP Unram dapat dibagi menjadi:

1. Periode Perintis (1981-1997)

Pada periode perintis ini, FKIP Unram mengelola 6 program studi yaitu, Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan PKn, dan PGSD. Pimpinan FKIP Unram pada periode tersebut sebagai berikut:

  1. Dwi Sulistya Dyah Jekti(1981-1989), Pembantu Dekan I Drs Amir Hamzah, Pembantu Dekan II , Drs. Hilman Ma’mun dan Pembantu Dekan III Drs. Huzni Mu’az, M.A.
  2. Drs. H. Abdul Karim Sahidu (1989-1995), Pembantu Dekan I Drs, Syahdan, Ph.D, Pembantu Dekan II Drs. Muhlis, dan Pembantu Dekan III Drs. Wildan, M.Pd.
  3. M. Huzni Muaz (PAW 1995-1997), Pembantu Dekan I, Drs. Priyono, M.A. Pembantu Dekan II Drs. Asmuni, dan Pembantu Dekan III Drs. Lalu Tauhid, M.Pd.

2. Periode Pengembangan Sumber Daya Manusia (1997- 2004)

Pada periode ini, FKIP Universitas Mataram dipimpin oleh dua Dekan dan pembantu Dekan sebagai berikut:

  1. H. Badrun, SE (1997-2001), sebagai Pembantu Dekan I Drs, Syahdan, M.Ed., Ph.D, Pembantu Dekan II Drs. Asmuni, M.Psi, dan Pembantu Dekan III Drs. Lalu Tauhid, M.Pd.
  2. H. Agil Al Idrus, M. Si (2001-2004), Pembantu Dekan I Drs. Syahdan, M.Ed. Ph.D., Pembantu Dekan II Drs. Mahrus, M.Si, dan Pembantu Dekan III Dr. Aos Santosa, M.Pd.

Pada periode ini, FKIP Unram mengelola 9 program studi yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan PKn, PGSD, dan PGPAUD.

Fokus pada periode ini adalah pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan kualifikasi pendidikan dosen untuk mengikuti pendidikan lanjutan S2 dan S3 baik di dalam maupun di luar negeri.

3. Periode Pengembangan Sarana dan Prasarana ( 2004-2013)

Pada periode ini, fokus pengembangan adalah pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Pada periode ini, FKIP Universitas Mataram dipimpin oleh tiga Dekan dan Pembantu Dekan sebagai berikut:

  1. H. Syahdan, Ph. D. (2004-2009), Pembantu Dekan I Dr. Rusdiawan, M.Pd., Pembantu Dekan II Drs. Muhlis, M.Si, dan Pembantu Dekan III Drs. Mahrus, M.Si.
  2. H. Rusdiawan, M. Pd (PAW 2009-2011), Pembantu Dekan I Drs. Sudirman Wilian, M.A., Pembantu Dekan II Drs. Ahmad Raksun, M.Si., dan Pembantu Dekan III Drs. Nasaruddin, M.Kes,
  3. Dr. H. Mahsun, M. Hum (2011-2013), sebagai Pembantu Dekan I Dr, Shafruddin, M.S. , Pembantu Dekan II Drs. Kaharuddin, M. Hum, dan Pembantu Dekan III Drs. Lalu Furqon, M.Pd.,

Hasil yang dicapai pada periode ini adalah terpenuhinya sarana dan prasarana kuliah dan administrasi pendidikan termasuk sarana dan prasarana untuk kegiatan praktikum.

4. Periode Pengembangan Standar Mutu Layanan ( 2013 – sekarang)

Pada periode ini, fokus kegiatan pada upaya pengembangan standar mutu layanan. Pada periode ini, FKIP Unram dipimpin oleh dua Dekan dan Pembantu Dekan sebagai berikut:

  1. H. Wildan, M. Pd (PAW 2013-2014), Wakil Dekan I Dr. Syafruddin, M.S, Wakil Dekan II Drs. Kaharuddin, M.Hum, dan Wakil Dekan II Drs.. M. Yamin, M.Si.
  2. H. Wildan, M. Pd (2014-2018), Wakil I Dr. Syafruddin, M.S., Wakil Dekan II Nurul Komala Dewi, S.Sn, M.Sn, dan Wakil Dekan III Dra. Ni Made Novi Suryanti, M.Si.

Fokus pengembangan pada periode ini adalah peningkatan standar mutu layanan untuk semua kegiatan di lingkungan FKIP Unram, sehingga semuanya harus memiliki prosedur operasional baku (POB) yang dijadikan pedoman oleh semua personil yang terlibat dalam pelaksanaan program/kegiatan FKIP Unram.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *