Visi, Misi, Tujuan

Visi FKIP Universitas Mataram

FKIP Universitas Mataram telah menetapkan cita-cita bersama, tujuan yang ingin dicapai, dan sasaran strategis sebagai upaya untuk menggapai cita-cita seluruh civitas akademika, telah dirumuskan sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis FKIP Universitas Mataram tahun 2011-2015. Sebagaimana tertuang dalam Renstra FKIP Universitas Mataram tahun 2011-2015 visi FKIP Universitas Mataram, yaitu

Menjadikan LPTK yang unggul dan akuntabel untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, kompeten, dan kompetitif yang dilandasi oleh nilai-nilai iman dan taqwa”.

Namun dalam perjalanannya, pada tahun 2013 dalam workshop penyusunan Rencana Operasional FKIP Universitas Mataram tahun 2014, yang melibatkan seluruh civitas akademika dan stakeholder menyepakati untuk melakukan revisi Renstra FKIP Universitas Mataram tahun 2011-2015, yang sekaligus menetapkan visi, misi, tujuan, dan sasaran strategis FKIP Universitas mulai berlaku tahun 2014.

Visi FKIP Universitas Mataram sebagai berikut:

Menjadi LPTK yang menghasilkan lulusan yangberkualitas dan berdaya saing internasional melalui pendidikan dan pembelajaran berbasis riset pada tahun 2025”.

Misi FKIP Universitas Mataram

Untuk terwujudnya visi di atas, dikembangkan lima misi FKIP Universitas Mataram sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan layanan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas yang berpusat pada peserta didik dengan pendekatan yang efektif dan efisien serta memanfaatkan hasil-hasil riset.
  2. Melaksanakan penelitian terutama pada bidang kependidikan yang relevan, berkualitas, dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terutama pada bidang kependidikan dengan orientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
  4. Mengembangkan sistem perencanaan terintegrasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait dengan memanfaatkan sistem informasi dalam upaya menjamin peningkatan kualitas pengelolaan lembaga yang berkesinambungan.
  5. Mengembangkan kebersamaan dalam upaya penguatan tata kelola birokrasi, aset, kepegawaian, keuangan dan penggalian sumber dana, serta pengelolaan kerumahtanggaan yang baik, efektif, efisien, transparan dan akuntabel (good university governance) untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan FKIP Universitas Mataram

Tujuan yang ingin dicapai FKIP Universitas Mataram adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing internasional, berakhlak mulia, mandiri, cerdas, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan terutama pada bidang pendidikan dan pembelajaran yang didasarkan pada sikap belajar sepanjang hayat;
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang inovatif terutama pada bidang pendidikan dan pembelajaran untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya pada bidang ilmu sosial-humaniora;
  3. Mewujudkan layanan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dengan memanfaatkan hasil-hasil riset sehingga mampu memberi respon pada dinamika kehidupan masyarakat di luar kampus;
  4. Mewujudkan sistem perencanaan terintegrasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait dengan memanfaatkan sistem informasi dalam upaya menjamin peningkatan kualitas pengelolaan lembaga yang berkesinambungan;
  5. Mewujudkan suasana kebersamaan dan transparansi dalam upaya penguatan tata kelola birokrasi, aset, kepegawaian, keuangan dan penggalian sumber dana, serta pengelolaan kerumahtanggaan yang baik, efektif, efisien, transparan dan akuntabel (good university governance) untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Sasaran

Berdasarkan tujuan di atas, dirumuskan enam sasaran FKIP Unram sebagai berikut
1. Tersedianya layanan akademik yang bermutu pada setiap program studi.
2. Tersedianya tenaga pendidik/ dosen dan tenaga kependi-dikan yang bermutu dan relevan.
3. Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama dibidang pendidikan dan pembelajaran yang bermutu.
4. Terselenggaranya layanan kelembagaan yang cepat, tepat, akuntabel, dan tranparan.
5. Optimalnya dukungan pengelolaan (perencanaan, pengorganisasian/ pelaksanaan, monitoring dan evaluasi tugas-tugas teknis.
6. Berkembangnya rasa tanggung-jawab bersama dalam mewu-judkan FKIP Unram yang berdaya saing tinggi.

Motto dan Filosofi

Motto pada hakikatnya harapan yang ideal yang ingin diraih oleh FKIP Unram. Motto dan filosofi FKIP Unram dikembangkan dan dilandaskan untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu mendidik peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Motto dan filosofi FKIP Unram adalah profesional, bermartabat, dan berdaya saing. Pengembangan motto ini sebagai bagian dari kegiatan untuk dilombakan pada tingkat FKIP Unram.

1. Profesional, keunggulan komparatif (comparative advantages) dan keunggulan kompetitif (competitive advantages) yang dapat diraih lulusan FKIP Unram, menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki 4 kompetensi dasar, yaitu kompetensi kepribadian, professional, pedagogic, dan social.
2. Bermartabat, lulusan FKIP Unram adalah lulusan yang menjunjung tinggi norma hokum, norma etika, dan norma agama sebagai landasan dalam bertindak dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.
3. Berdaya saing, lulusan FKIP Unram adalah lulusan yang tangguh, mampu bersaing dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam bertindak dan berperilaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *