Menu Close

STRATEGI PENCAPAIAN PRODI PPKN

Untuk mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi PPKn tersebut,  ada beberapa strategi yang direncanakan oleh Prodi PPKn, antara lain:

  1. Meningkatkan sistem regulasi penyelenggaran pendidikan pada Prodi PPKn melalui penyusunan panduan-panduan keseluruhan aktivitas akademik termasuk SOP.
  2. Meningkatkan sistem regulasi penyelenggaran pendidikan pada Prodi PPKn melalui penyusunan panduan-panduan keseluruhan aktivitas akademik termasuk SOP.
  3. Meningkatkan relevansi dan daya saing pendidikan Prodi PPKn dengan mengembangkan dan merekonstruksi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar, tuntutan globalisasi, kebijakan pemerintah, dan perkembangan IPTEK agar lulusan Prodi PPKN mampu berkompetisi di daerah sendiri, regional maupun nasional.
  4. Meningkatkan kualitas proses pendidikan dan pembelajaran pembelajaran (perkuliahan) Prodi PPKn melalui ketersediaan silabus, SAP, bahan ajar, buku teks, media pembelajaran, dan lainnya.
  5. Meningkatkan mutu dan integritas dosen dan tenaga kependidikan melalui: (1) pendidikan lanjut, (2) Diklat/Workshop pekerti, AA, penyusunan bahan ajar, penyusunan Silabus dan SAP, pembelajaran inovatif; pengembangan media pembelajaran, Penulisan Karya Ilmiah, Metodologi Penelitian, dan sejenisnya, (3) magang bagi dosen yunior pada perguruan tinggi terkemuka, (4) pencangkokan, (5) penugasan dosen ke sekolah, (6) pelatihan Bahasa Inggris, (7) implementasi aturan kerja dan kode etik dosen dan tenaga kependidikan, (8) pemberian reward dan punishment terhadap performance dosen
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat melalui: Workshop/Pelatihan pembuatan bank proposal penelitian, kerjasama dengan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas, menjalin dan memanfaatkan kerjasama penelitian dan pengajaran dengan perguruan tinggi yang memiliki reputasi tinggi baik dalam maupun luar negeri , mendorong dosen mengikuti hibah penelitian, penyediaan informasi penelitian luar negeri, dan pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan dosen.
  7. Mengembangkan sistem dan manajemen pengelolaan Prodi PPKn berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, mandiri, yang dan didukung oleh sistem informasi akademik berbasis ICT.
  8. Optimalisasi pola kepemimpinan kolektif dan akomodatif, visioner, dan publik bagi akselerasi pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PPKn.
  9. Meningkatkan atmosfer akademik yang kondusif melalui pelaksanaan seminar, lokakarya, dialog terbuka antar civitas akademik Prodi PPKn, rapat rutin prodi.
  10. Mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan Prodi PPKn secara internal melalui ketersedian perangkatnya yang mendukung kegiatan akademik pada Prodi PPKn.
  11. Merevitalisasi Laboratorium IPS termasuk fasilitas lainnya, sumber daya manusia, dan manajemen pengelolaannya.
  12. Meningkatkan kemitraan dan networking dengan lembaga terkait seperti LPMP, Sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi dalam maupun luar negeri, dan instansi terkait dalam meningkatkan mutu lulusan Prodi PPKn.
  13. Mengembangkan sistem manajemen dan pengembangan program data base program studi berbasis ICT.
  14. Meningkatkan kapasitas dosen Prodi PPKn untuk melakukan networking akademik dengan lembaga mitra di dalam maupun luar negeri.
  15. Menfasilitasi dosen Prodi PPKn untuk mengikuti pelatihan Bahasa Inggris.
  16. Meningkatkan wawasan mahasiswa dalam menerapkan IPTEK melalui kerjasama dengan desa budaya dan study tour ke PT lain.