Menu Close

Hadirkan Sutradara Asal NTB, Adi Pranajaya, FKIP Universitas Mataram Gelar Workshop Jurnalistik dan Manajemen Media Cetak dan Sosial

MATARAM – Di era digital ini, peranan dunia jurnalistik dalam menyajikan berita – berita terkini sangat memberikan dampak besar bagi kondisi sosial. Dengan semakin canggihnya teknologi berbasis online serta kemudahan dalam mengaksesnya, mengakibatkan semakin banyak bermunculan berita dan opini yang beredar di media online dan juga jejaring media sosial. Dalam rangka meningkatkan kemampuan jurnalistik serta peran aktif alumni dalam menyusun dan menyebarkan berita terkait FKIP Universitas Mataram baik dalam media cetak maupun elektronik, FKIP Universitas Mataram bekerjasama dengan AP Foundation mengadakan Workshop Jurnalistik dan Manajemen Media Cetak dan Sosial. Workshop ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 berlokasi di Ruang Sidang 2 lantai 3 Gedung A FKIP Universitas Mataram. Workshop ini dihadiri oleh Bapak Dekan FKIP Universitas Mataram, Prof. Dr. A . Wahab Jufri, M.Sc.. Tampak hadir pula Bapak Wakil Dekan 1 FKIP Universitas Mataram, Bapak Drs. Lalu Sulkifli, M.Si., Ph.D serta beberapa Bapak dan Ibu Dosen perwakilan dari Jurusan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Mataram. Pesrta workshop terdiri dari alumni FKIP Universitas Mataram yang dibatasi hanya sejumlah 30 orang saja.

Pada workshop Jurnalistik dan Manajemen Media Cetak dan Sosial yang digelar kali ini menghadirkan Bapak Adi Pranajaya sebagai Narasumber. Bapak Adi Pranajaya merupakan putra asli NTB kelahiran Sumbawa adalah alumni S1 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Mataram yang kini berprofesi sebagai seorang penulis, sutradara film dan juga dosen di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Beliau merupakan penggagas sekaligus ketua pertama dari Teater Putih FKIP Unram. Sebagai sutradara film dokumenter serta penulis dengan banyak karya bertemakan sosial dan pendidikan, beliau mengajak peserta workshop untuk lebih aktif dalam kegiatan jurnalistik terkait FKIP Universitas Mataram baik dalam media cetak, media elektronik dan juga media daring. Dalam workshop kali ini peserta diberikan pengarahan dan juga materi seputar teknik jurnalistik dan manajemen media cetak dan sosial.

Diharapkan dengan adanya workshop ini dapat menumbuhkan minat alumni dalam berkontribusi di bidang jurnalistik FKIP Universitas Mataram. Para peserta dibekali dengan teknik jurnalistik yang baik, bagaimana teknik menyusun suatu redaksi sehingga sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. Workshop ini bertujuan untuk mengambangkan minat dan peran aktif para alumni sehingga diharapkan nantinya perkembangan jurnalistik FKIP Universitas Mataram tidak hanya sebatas dari media cetak dan tertulis saja, namun juga diberikan materi dan pengarahan bagaimana cara menyajikan suatu berita dalam bentuk video yang informatif serta menarik untuk disimak. Tidak lupa pula diberikan materi tentang cara mengunggah suatu berita kedalam media daring seperti laman pemberitaan publik berbasis daring, media sosial, dan juga media daring yang mendukung pengunggahan konten audio video seperti youtube.

Manajemen penyajian berita haruslah lugas tanpa melebih – lebihkan isu serta tidak mengandung unsur hoax dan juga SARA. Penyajian konten video yang ramah terhadap penonton segala usia juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan permasalahan nantinya. Diharapkan dengan adanya workshop ini, kedepannya dunia jurnalistik FKIP Universitas Mataram akan terus berkembang dan menjadi salah satu media pemberitaan yang dapat memberikan manfaat bagi akademisi akademisi terkait serta semakin memperkenalkan nama FKIP Universitas Mataram. Dari segi media cetak diharapkan pula kedepannya dapat direalisasikan suatu wadah pemberitaan yang rutin menghadirkan informasi yang informatif, aktual dan terpercaya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *