Menu Close

Pelepasan Mahasiswa PPL FKIP Universitas Mataram

Mataram, 08 Agustus 2019. FKIP Universitas Mataram melepas mahasiswa dan mahasiswi peserta PPL (Program Pengalaman Lapangan) di halaman Gedung A FKIP Universitas Mataram.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WITA dan peserta PPL dikumpulkan berbaris sesuai dengan Program Studi masing – masing. Acara dihardiri oleh Bapak Dekan, Jajaran Wakil Dekan, Ketua PPL, seluruh Kaprodi S1, Ketua Jurusan FKIP,  pejabat FKIP dan Dosen – Dosen pamong. Sebelum dibuka secara resmi, acara didahului dengan yel – yel dari masing – masing Prodi untuk membakar semangat peserta. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Himne Guru. Kemudian acara pun resmi dibuka yang dilanjutkan dengan laporan dan pengarahan dari Ketua PPL untuk para peserta PPL. Ketua PPL berpesan kepada para peserta PPL untuk senantiasa menaati aturan, tidak melakukan hal – hal yang tidak dapat menimbulkan masalah kedepannya dan tidak mempercayai informasi – informasi tidak benar terkait PPL yang tidak datang dari pihak PPL FKIP Universitas Mataram.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pelepasan secera resmi peserta PPL oleh Bapak Dekan FKIP Universitas Mataram. Dalam sambutannya, Bapak Dekan menenkankan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan sikap harus senantiasa terintegrasi. Peserta diharapkan menunjukkan diri sebagai pribadi yang memiliki pengetahuan luas, keterampilan yang baik dari sisi teknologi dan lainnya serta menunjukkan sikap yang bertata krama baik dan senantiasa menjaga kebersihan dimanapun berada. Peserta diharapkan kritis serta tanggap dalam menyelesaikan masalah dan tidak menimbulkan masalah. Pesan penutup dari Dekan adalah untuk senantiasa hati – hati dijalan dan jangan lupa untuk mengabari orang tua dirumah selama menjalani PPL terutama bagi peserta yang lokasi PPL nya cukup jauh dari tempat tinggal. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa.

Pada pelepasan PPL kali ini FKIP Universitas Mataram melepas total 674 peserta PPL dalam negeri yang tersebar di 87 sekolah tingkat menegah yang tersebar di seluruh Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Selain itu dalam pelepasan kali ini, FKIP Universitas Mataram dalam rangka program SEA Teacher Batch 8 juga mengirim 5 peserta PPL yang akan melaksanakan PPL di luar negeri dan ada 1 orang peserta PPL luar negeri dari University of San Jose Recoletos Filipina bernama Mary Coleen D. Layam yang akan melaksanakan PPL di SDN 02 Cakranegera. Berikut daftar nama peserta PPL luar negeri batch 8 beserta universitas pengampunya :

1. Rangga Alif Faresta (Pend. Fisika) : Neuva Ecija University of Science and Technology, Filipina.

2. Aulina Irwanti (PGSD) : Neuva Ecija University of Science and Technology, Filipina.

3. Ade Lativa Fitri (Pend. Bahasa Inggris) : Neuva Ecija University of Science and Technology, Filipina.

4. Irzam Haikal Qilbari (Pend. Bahasa Inggris) : Pengasinan State University, Filipina.

5. Qarina Asrianti (Pend. Biologi) : Tarlac Agricultural University, Filipina.

Program PPL kali ini akan berlangsung mulai dari tanggal 7 Agustus 2019 dan berakhir pada tanggal 20 Januari 2020. Setelah acara pelepasan kali ini, peserta akan langusng berkoordinasi dengan dosen pembimbing untuk konsultasi dengan Kepala Sekolah sesuai penempatan masing – masing.

Diharapkan peserta PPL kali ini dapat mengemban tugasnya dengan baik dan semakin dapat mengembangkan skill mengajar sehingga nantinya dapat menjadi Guru yang senantiasa mencetak generasi cerdas masa depan. (RRS)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *