Menu Close

Ajarkan Pembelajaran Inovatif dengan Biaya Terjangkau, Prodi Pendidikan Matematika Gelar Kuliah Umum “Low Cost STEM Education”

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkah dan rahmat-Nya, Program Studi Pendidikan Matematika berhasil menyelenggarakan Kuliah Umum pada Senin, 30 September 2019. Berlokasi di Aula Gedung A FKIP Universitas Mataram, kegiatan ini dihadiri oleh 175 peserta yang merupakan gabungan dari dosen dan perwakilan mahasiswa di setiap kelas pada Prodi S1 Pendidikan Matematika.

Kuliah umum yang dimulai pada pukul 08.30 dan diakhiri pada 12.30 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Gunawan, M.Pd. Dalam sambutannya, Wakil Dekan I menyampaikan harapan yang mendalam agar kegiatan kuliah umum semacam ini bisa lebih banyak diselenggarakan untuk meningkatkan iklim akademik, tukar informasi dan membangun kerja sama program studi di lingkungan FKIP dengan institusi lain.

Tema Kuliah Umum yang diangkat oleh Program Studi Pendidikan Matematika adalah Low STEM Activity. STEM Education adalah suatu pendekatan dalam dunia pendidikan yang mengintegrasikan Science, Technology, Engineering and Mathematics dalam satu kesatuan yang utuh. Di banyak kesempatan, STEM juga telah dikembangkan menjadi STEAM dengan penambahan Art di tengah-tengahnya dan ada pula STREAM dengan penambahan Robotic dan Art.

Walaupun STEM Education adalah pendekatan yang menjanjikan dalam dunia pendidikan, seringkali implementasinya dianggap tidak bisa dilakukan di banyak daerha di Indonesia oleh karena minimnya sarana teknologi yang dimiliki sekolah. Padahal pada dasarnya, STEM tidak hanya dapat dilakukan dengan bantuan advance technology atau teknologi mutakhir. STEM tidak semata menyoal tentang eksistensi laptop, LCD, tab, Virtual Reality, high speed internet connection apalagi laboratorium canggih milik Iron Man; STEM dapat menjangkau macam-macam teknologi yang digunakan masyarakat. Bicara soal teknologi, alat pengupas bawang, jangka, kalkulator dan media tanam hidroponik yang banyak dijumpai di sekitar kita pun merupakan salah satu bentuknya.  Guna meluruskan persepsi itulah pada hari ini tema yang diangkat adalah bagaimana untuk mewujudkan suatu pembelajaran STEM yang ekonomis namun tetap mengakomodasi nilai-nilai pengetahuan yang dibutuhkan.

Narasumber yang mengisi kegiatan Kuliah Umum ini adalah Sdr. Wahid Yunianto, M.Sc., M.A., Lahir di Yogyakarta, pada 2 Juni 1988, memulai karirnya sejak tahun 2014. Sebelumnya, beliau menyelesaikan S1 Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2011, S2 Pendidikan Matematika di Universitas Sriwijaya dan Utrecht University melalui program beasiswa International Master Program on Mathematics Education (IMPoME) pada tahun 2014. Setelahnya, di tahun 2016 beliau berkesempatan untuk kembali melanjutkan S2 Pendidikan Matematika di University College London melalui program beasiswa BU-LN. Selesai studi, beliau melanjutkan dedikasinya untuk mengabdi membangun negeri dan peningkatan kualitas pendidikan matematika di Asia Tenggara.

Dengan demikian, materi Kuliah Umum yang akan disampaikan pada hari ini adalah hasil kajian narasumber dengan mencocokkan teori, praktek di lapangan dan hasil refleksi dari pelatihan-pelatihan yang diberikan pada guru. Harapannya, lembaga pencetak guru seperti FKIP Universitas Mataram dapat melakukan kajian secara lebih mendalam untuk kedepannya dapat meningkatkan kualitas lulusan guru matematika yang dihasilkan.

Kuliah Umum ini dilakukan dengan metode praktek langsung, dimana partisipan diajak untuk menjadi “siswa” yang memperoleh kegiatan belajar berbasis STEM dengan barang-barang di sekitar. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi pendalaman materi dan analisis dari hasil belajar yang dilakukan. Melihat antusiasme peserta pelatihan, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Drs. Baidowi, M.Si. menyampaikan harapannya agar kedepannya hubungan baik antara Prodi Pendidikan Matematika dengan instansi-instansi yang lain dapat terjaga dan kerja sama dalam bentuk lain juga dapat diinisiasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *