Menu Close

FKIP Unram Mengadakan Workshop Penulisan Jurnal Internasional

Mataram – 26 Desember 2019, FKIP mengadakan workshop penulisan artikel ke jurnal internasional. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Unram, yaitu Dr. Gunawan, M.Pd. Narasumber dari workshop ini sendiri merupakan putra asli NTB yang saat ini menjadi Dosen dari salah satu Universitas ternama di Malaysia, yaitu Universiti Teknologi Petronas. Nama beliau adalah Dr. Muhammad Roil Bilad, beliau yang akrab disapa Mas Roil ini lahir pada tanggal 5 Desember 1982 di pinggiran kota Praya, Lombok Tengah. Kalau masalah penulisan artikel, beliau bisa dibilang sudah melalang buana terbukti dengan jumlah dokumen Scopusnya yang berjumlah 100 dengan h-index 20. Tentu hal tersebut tidak disia-siakan oleh FKIP Unram untuk mengajak beliau menjadi narasumber dalam kegiatan workshop ini. Peserta workshop ini dosominasi oleh Dosen-dosen muda FKIP Unram, selain itu workshop ini juga dihadiri oleh para Ketua Jurusan, mahasiswa-mahasiwi Magister yang sedang menempuh penyusunan Thesis.

Kegiatan workshop ini diadakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 26-27 Desember 2019. Hal ini dikarenakan materi yang disampaikan lumayan banyak. Hari pertama, mas Roil menyampaikan kiat-kiat dalam memulai penulisan artikel, bagaimana memilih Jurnal Internasional yang cocok, dan sampai pada penjelasan bagaimana Review Process itu berlangsung. Pada kesempatan tersebut juga, mas Roil menyampaikan bahwa “Hal yang penting dalam suatu publikasi adalah Networking yang bagus. Cobalah untuk tidak menulis sendiri, bangun jejaring yang banyak, dengan begitu, publikasi Anda akan menjadi berkembang”. Hari kedua dari worshop ini lebih memfokuskan pada kegiatan Couching Clinic , dimana peserta membawa naskahnya untuk direview bersama-sama. Pada kesempatan tersebut, Mas Roil langsung mereview naskah yang diberikan peserta serta memberikan masukan-masukan yang berguna untuk artikel tersebut agar dapat dipublikasikan di Jurnal Internasional.

Pada akhir kegiatan, Wakil Dekan bidang akademik menyampaikan harapannya dengan kegiatan yang telah dilakukan, para Dosen muda pada khususnya lebih giat lagi dalam menulis, sehingga hal tersebut dapat menaikan rangking dari Lembaga sendiri. (FT)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *