Menu Close

Pelantikan Pengurus Ormawa FKIP 2020

Pemberian Penghargaan pada ormawa yang telah menyerahkan laporan pertanggungjawaban kegiatan tahun 2019

Pada tanggal 3 Februari 2020 telah dilakukan pelantikan pengurus ormawa (DPMF, BEMF, UKMF, dan HMPS) yang ada di lingkungan FKIP Universitas Mataram. Terselenggaranya kegiatan pelantikan ormawa ini tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan ketua DMPF periode 2019 yaitu saudara Subki Kholil yang telah berhasil membentuk Panitia Pemira (Pemilihan Umum Raya) yang diselenggarakan pada bulan Desember 2019. Ketua panitia pemira saudara Asrorul menyatakan bahwa kegiatan pemira bisa terselenggara dengan baik karena ada dukungan dari berbagai pihak, terutama pihak fakultas, ormawa dan seluruh mahasiswa serta sivitas akademika yang ada di FKIP Universitas Mataram. Lebih lanjut Asrorul mengatakan bahwa kerja keras dan kerjasama yang padu diantara panitia dalam menyelenggarakan pemira, sehingga pemilihan ketua BEM dan wakil ketuanya bisa terlaksana sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Hasil pemira tersebut telah terpilih saudara M. Nazar Amrullah dari Prodi Pendidikan Sosiologi sebagai Ketua BEM periode 2020, dan saudara M. Nasir dari Prodi PPKn sebagai wakil ketua BEM. Sementara itu ketua DPM hasil pemira 2019 ialah saudara Fahrurizal Umam dari Prodi PPKn.

Kegiatan pelantikan pengurus ormawa dimulai pada pukul 09,30 wita di Aula A FKIP Universitas Mataram yang dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, KTU dan Kasubag yang ada di lingkungan FKIP, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dan Dosen Pembina Ormawa. Sementara itu dari perwakilan pengurus ormawa dihadiri oleh perwakilan pengurus dari masing-masing ormawa (DPMF, BEMF, UKMF, dan HMPS) yang berjumlah sekitar 200an peserta. Kegiatan pelantikan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh saudara Imam Firmanshah (salah seorang alumni dari Prodi Pendidikan Biologi FKIP). UKMF yang dilantik pada kesempatan tersebut terdiri dari UKMF Mapala, UKMF Teater Putih, UKMF MT Al Kahfi, UKMF Pena Kampus, UKMF Olahraga, dan UKMF Musik. Sementara itu HMPS yang dilantik terdiri dari 9 HMPS dari 10 HMPS yang ada yaitu HMPS Pendidikan Matematika, HMPS Pendidikan Kimia, HMPS Pendidikan Fisika, HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, HMPS Pendidikan Bahasa Inggris, HMPS Pendidikan Sosiologi, HMPS PPKn, HMPS PGPAUD, dan yang terakhir yaitu HMPS PGSD.

Pada kegiatan pelantikan tersebut disampaikan laporan kegiatan pelaksanaan pemira dan pelantikan pengurus yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Dr. Gito Hadiprayitno, M.Si.  Dilanjutkan dengan pembacaan SK kepengurusaan ormawa FKIP Universitas Mataram periode tahun 2020 oleh Kasubba Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Drs. Muhammad Ernadi. Kegiatan pelantikan dialkukan secara resmi oleh Dekan FKIP Universitas Mataram, Prof. Dr. A. Wahab Jufri, M,Sc. Sekaligus memberikan pengarahan pada pengurus ormawa yang dilantik.

Dalam arahannya Dekan FKIP Universitas Mataram menyampaikan kepada segenap pengurus ormawa   supaya memiliki kemampuan diri untuk beradaptasi sesuai dengan perkembangan IPTEK yang terjadi di era 4.0. Mahasiswa harus memiliki kemampuan  berinovasi dan berani mencoba hal yang baru yang nantinya akan berdampak positif terhadap kemajuan ormawa yang ada di lingkungan FKIP. Lebih lanjut, Dekan menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan harus memiliki kemampuan untuk menjadi insan yang lebih produktif yang diibaratkan sebagai pohon yang mampu menghasilkan buah setiap saat tanpa mengenal musim. Kualitas bukan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba tapi kualitas itu merupakan hasil dari suatu proses yang dilewati melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas.

Penyerahan daftar inventaris ormawa dari ketua BEM FKIP 2019 (Hamdani, kanan) ke Ketua BEM FKIP 2020 (M. Nazar Amrulah, kiri)

Pada bagian akhir pelantikan diberikan piagam penghargaan kepada 5 ormawa yang telah menyerahkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kegiatan tahun 2019 yakni UKMF Musik, UKMF MT. Al-Kahfi, HMPS PGSD, HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan HMPS Pendidikan Sosiologi oleh Dekan FKIP Universitas Mataram  didampingi oleh para Wakil Dekan dan Kasub Kemahasiswaan. Sebelum acara pelantikan ditutup dilakukan penyerahan secara simbolis daftar inventaris ormawa yang diwakili oleh  Ketua BEM FKIP periode 2019 saudara Hamdani kepada Ketua BEM FKIP periode 2020 saudara M. Nazar Amrullah. Kegiatan pelantikan ditutup dengan pemberian ucapan selamat oleh para undangan yang hadir kepada pengurus ormawa yang baru, dengan harapan dalam mengimplementasikan program kerja yang dibuat untuk kemajuan FKIP serta dapat dapat dipertanggungjawabkan kepada orang tua, almamater, serta dapat memberikan kotribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *