Menu Close

Samakan Persepsi, FKIP Adakan Kuliah Umum Perdana

Dekan FKIP memaparkan materi kuliah umum perdana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram melaksanakan sebuah kegiatan kuliah umum pada hari Kamis tanggal 20 Februari 2020. Kuliah umum ini dilaksanakan dengan tujuan utama menyamakan persepsi keluarga besar FKIP Unram tentang perkuliahan semester genap 2019/2020 ini. Pada kesempatan ini juga disampaikan beberapa kebijakan baru FKIP Unram sebagai bentuk apresiasi terhadap saran, masukan dan permikiran dari berbagai pihak yang memiliki visi memajukan FKIP Unram. Kuliah Umum ini langsung dipimpin oleh Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc., selaku Dekan FKIP Unram dan didampingi oleh seluruh Wakil Dekan, yaitu Dr. Gunawan, M.Pd., (Wakil Dekan Bidang Akademik), Dr. Sukardi, M.Pd. (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan), dan Dr. Gito Hadiprayitno, M.Si. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni). Kuliah ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa FKIP Unram dari semua jurusan. Banyaknya peserta menyebabkan Kuliah Umum ini harus dibagi ke dalam dua sesi untuk mengakomodasi seluruh peserta yang begitu banyak. Pada sesi pertama peserta diisi oleh dosen dan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan MIPA dan Jurusan Bahasa dan Seni. Pada sesi ke dua diisi oleh dosen dan mahasiswa dari Jurusan Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Sosial.

Kuliah Umum ini bertemakan, “FKIP Mendidik dan Mencerdaskan Menuju Kampus Merdeka.” Tema ini didasarkan pada isu pendidikan yang disampaikan oleh Mendikbud yang baru, yaitu Daniem Makarim yang memberikan tema besar pendidikan tinggi, yaitu “Kampus Merdeka.” Tema ini dielaborasikan ke dalam materi yang begitu dalam oleh dekan dan wakil-wakil dekan dalam menyampaikan masing-masign materi. Prof. Wahab menyampaikan tentang perkembangan pendidikan Indonesia secara umum dan betapa pentingnya peran Universitas, khususnya peran Fakultas yang dalam hal ini adalah FKIP Unram dalam mengemban tugas untuk meningkatkan kualitas dan menaikan posisi Indonesia dalam dunia pendidikan saat ini. Dunia sekarang berada pada “Revolusi Industri 4.0” dan “Society 5.0”, yang tema pokoknya adalah integrasi teknologi informasi dan super smart society ke dalam kehidupan industi dan kehidupan social bermasyarakat. Dekan menyampaikan bahwa “kita” (civitas akademika FKIP Unram) harus mampu dan bersiap dalam menghadapi perubahan besar ini, banyak tantangan yang harus dihadapi, baik berupa pengembangan skill yang dibutuhkan pada abad 21 dan integrasi “Kampus Merdeka” dalam kehidupan perkuliahan FKIP Unram. Dekan juga menyampaikan pentingnya tata krama dalam kampus, hak dan kewajiban mahasiswa, dan kode etik mahasiswa. Dekan juga berpesan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan FKIP Unram oleh seluruh civitas akademika baik dosen, mahasiswa, pegawai karena masih sering dijumpai perilaku-perilaku yang kurang menjaga kebersihan seperti banyaknya punting rokok dan sampah sisa makanan di meja taman.

Wakil dekan bidang akademik, Dr. Gunawan menyampaikan keadaan akademik FKIP Unram saat ini, tantangan untuk perkuliahan saat ini, dan kebijakan-kebijakan baru yang ditempuh FKIP Unram dalam bidang akademik. Salah satu kebijakan yang menjadi highlight saat kuliah umum adalah mahasiswa dapat mengusulkan dosen pembimbing skripsi yang diinginkan, walaupun tentu saja harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan (mengusulkan 5 calon dosen pembimbing dan prosedur/SOPnya akan segera diumumkan). Wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni, Dr. Gito menyampaikan tentang SIMKATMAWA 2020 yang harus dipersiapkan oleh seluruh civitas akademik FKIP Unram, untuk meningkatkan posisi Unram, khususnya FKIP dalam rangking nasional dalam bidang kemahasiswaan. Wakil dekan bidang umum dan keuangan menyampaikan kondisi kampus FKIP Unram yang telah banyak berkembangan dalam proses evolusi menjadi kampus yang indah, bersih dan tertata rapi. Beliau juga menyampaikan betapa pentingnya peran seluruh komponen dalam lingkungan FKIP Urnam untuk menciptakan suasana belajar yang ideal, yaitu aman, nyaman dan professonal.

Dekan berinteraksi dengan peserta kuliah umum

Respon peserta untuk kegiatan kuliah umum perdana ini sendiri terbilang positif. Bahkan salah satu dosen dalam sesi tanya wajab menyampaikan apresiasi tentang pelaksaan kegiatan kuliah umum ini, sebagai kegiatan yang pertama kali diadakan. Pada sesi tanya jawab beberapa peserta baik dari dosen dan mahasiswa menyampaikan isi pikiran mereka tentang isu pendidikan saat ini dan kondisi FKIP Unram secara khusus. Pertanyaan yang muncul seperti revisi jadwal kuliah yang baru, isu kampus merdeka, dan keadaan ruangan belajar. Pada pimpinan FKIP Unram satu persatu sesuai bidang masing-masing memberikan tanggapan dan menyampaikan solusi dari pertanyaan-pertanyaan dan masukan-masukan yang dilontarkan oleh peserta kuliah umum. Pada akhir acara Prof. Wahab selaku Dekan FKIP Unram menutup acara kuliah umum dengan memberikan selamat menempuh perkuliahan semester genap 2019/2020 kepada seluruh peserta kuliah umum dan seluruh civitas akademik FKIP Unram. (Fathoroni).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *