Menu Close

FKIP Unram yudisium 69 Mahasiswa Magister dan Sarjana Secara Online

Mataram, 30 Juli 2020. Yudisium secara daring, 69 mahasiswa Program Sarjana dan Magister FKIP Universitas Mataram dikukuhkan kelulusannya tanpa harus meninggalkan rumah masing-masing.

Dimulai pukul 09.30 WITA pada hari Kamis, 30 Juli 2020, acara Yudisium Periode Bulan Juli Tahun Akademik 2019/2020 FKIP Universitas Mataram berlangsung selama kurang lebih 50 menit melalui aplikasi zoom. Acara yang diawali dengan penyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya ini seperti biasa dihadiri oleh Bapak Dekan bersama Wakil Dekan FKIP Universitas Mataram. Tidak ketinggalan, terlihat pula jajaran Bapak Ibu Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi di lingkungan kampus FKIP, yang memantau jalannya yudisium melalui gawai atau komputer di kantor dan rumah masing-masing.

Yudisium daring pertama FKIP pasca merebaknya pandemi Covid-19 ini berlangsung secara lancar, dengan tetap mempertahankan suasana formal meskipun tidak berlangsung secara tatap muka. Hal ini terlihat dari diwajibkannya para peserta yudisium untuk menyalakan kamera, serta tetap memakai pakaian kemeja putih dan almamater ketika mengikuti prosesi yudisium.

Pada Yudisium kali ini, sejumlah 69 mahasiswa FKIP Universitas Mataram dinyatakan lulus dari kampus putih. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3 orang dikukuhkan sebagai Magister Pendidikan (M.Pd), sedangkan 66 lainnya dinyatakan lulus Program Sarjana dan karenanya berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Sebanyak 14 mahasiswa—1 orang dari Program Magister dan 13 dari Program Sarjana—meraih gelar Cumlaude serta dinyatakan sebagai mahasiswa yudisium terbaik. Urutan pertama yudisiawan/yudisiawati terbaik masing-masing program diraih oleh Wika Wahyuni dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan Yusuf Idrus dari Program Studi Pendidikan Kimia, dengan IP 4,00 (Wika Wahyuni) dan 3,97 (Yusuf Idrus).

Serupa dengan yudisium periode lalu, pada yudisium kali ini pembacaan SK Yudisium juga kembali dilakukan oleh Bapak Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP. Pembacaan SK ini kemudian juga dilanjutkan dengan pengukuhan yudisium dan sambutan oleh Bapak Dekan. Dalam sambutan kali ini, Bapak mengingatkan para yudisiawan dan yudisiawati  untuk menantiasa berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi kedepannya. Selain itu, sehubungan dengan pemanfaatan aplikasi zoom sebagai sarana pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan fakultas,  Bapak juga menyampaikan harapannya agar di masa depan, fakultas dan mahasiswa FKIP tidak hanya dapat memanfaatkan teknologi yang dikembangkan oleh masyarakat dunia, namun juga dapat berperan dalam mengembangkan teknologi yang dapat membantu kehidupan manusia.

Begitulah rangkuman acara Yudisium Periode Juli FKIP Universitas Mataram lalu. Terakhir, selamat kepada seluruh yudisiawan dan yudisiawati yang berbahagia. Mengutip Bapak Dekan, ‘Kalian pada hari ini resmi melepas status sebagai mahasiswa. Manfaatkanlah ijasah kalian dengan baik dan bertanggung jawab, dan janganlah berhenti belajar.’ Karena itu, selamat memulai lika-liku kehidupan di luar kampus, dan jadilah sarjana yang hebat, yudisiawan! (TQT)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *