Menu Close

Bekerja sama dengan Alumni: Program Studi PPKn sukses Menyelenggarakan Seminar Nasional

Pada hari kamis, 08 Oktober 2020 telah dilaksanakan Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Adapun tema yang diangkat pada Seminar Nasional kali ini adalah “Pancasila sebagai Solusi dalam Mencegah Radikalisme dan Terorisme i Era Revolusi Industri 4.0”. Seminar dilaksanakan mulai pukul 09.00 – 12.00 WITA. Mengingat belum diperbolehkannya mengadakan kegiatan secara offline, maka Seminar Nasional kali ini dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting. Acara seminar dibuka secara resmi oleh wakil dekan bidang akademik Dr. Gunawan, S.Pd., M.Pd. Adapun seminar ini diikuti oleh 1200 peserta terdaftar.

Seminar nasional HMPS PPKn Universitas Mataram 2020 memiliki tujuan mempersatukan bangsa dan memelihara serta mengukuhkan persatuan dan kesatuan. Selain itu juga sebagai sosialisasi pentinya Pancasila dalam mencegah radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Terdapat empat pembicara atau nara sumber yang memaparkan materi terkait peran Pancasila dalam mencegah radikalisme dan terorisme di era ini. Pembicara pertama adalah perwakilan dari BPIP, bapak Toto Purbiyanto, S.Kom., MTI. Selaku Direktur standarisasi materi dan metode formal, nonformal dan informal BPIP. Pemateri kedua Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A. Pemateri ketiga yaitu Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum. Ph.D of Arts. dan pemateri terakhir Dr. winarno, S.Pd., M.Si. Yang masing-masing pembicara membawakan materi yang sangat menarik berkaitan dengan Pancasila.

Setelah sesi pemaparan materi oleh keempat pembicara, kegiatan dilanjutkan ke rangkaian selanjutnya yaitu sesi tanya jawab dan diskusi, yang dipandu oleh dosen program studi PPKn Universitas Mataram, bapak Dr. Lalu Sumardi, S.Pd., M.Pd.  diskusi berlangsung lancar yang diikuti dengan penutupan acara Seminar Nasional. (HMPS PPKn)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *