Mataram, 11 Februari 2021 –  Kebutuhan akan tenaga kependidikan profesional khususnya tenaga guru masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Berdasarkan https://databoks.katadata.co.id/ tahun 2019, guru dengan sertifikat pendidikan professional baru mencapai 50%. Pentingnya hal tersebut, mendorong beberapa LPTK di Indonesia untuk mengadakan Pendidikan Profesi Guru atau lebih dikenal dengan istilah PPG. Universitas Mataram merupakan salah satu universitas yang diberi amanat nasional untuk mengadakan PPG untuk wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. Pada tahun 2020 ini pula, Universitas Mataram telah berhasil melaksanakan program PPG dan pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021 telah mengadakan kegiatan pengukuhan dan serah terima sertifikat pendidik secara simbolis kepada lulusan PPG 2020 yang dilaksanakan secara online di tengah-tengah pandemi covid 19.

Akhirnya, setelah melalui proses yang panjang peserta PPG tahun 2020 Universitas Mataram yang berhasil dinyatakan lulus pada bulan Februari 2021. simbol kelulusan tersebut diabadikan dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia PPG Universitas Mataram bertajuk Pengukuhan, Ikrar Sumpah Janji Guru Profesional Indonesia dan Serah Terima Sertifikat Pendidik Lulusan PPG dalam Jabatan Universitas Mataram 2020. Acara ini dilaksanakan secara daring menggunakan fasilitas Zoom yang disediakan oleh Universitas Mataram, acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., Dekan FKIP Universitas Mataram Prof. Dr. H. A Wahab Jufri, M.Sc., ketua PPG tahun 2020 Dr. H. WIldan, M.Pd, panitia pelaksana PPG tahun 2020 Universitas Mataram, dan peserta PPG yang dinyatakan lulus serta berhak menerima sertifikat pendidik.

Terdapat enam prodi PPG DALJAB 2020, yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, PAUD, PGSD, Pendidikan Kimia, dan PPKn. Prodi Pendidikan Indinesia diikuti oleh 58 peserta dan 29 dinyatakan lulus. Pendidikan Bahasa Inggris diikuti oleh 76 peserta dan 26 dinyatakan lulus. 154 peserta PPG Prodi PAUD 90 peserta dinyatakan lulus. Prodi PGSD diikuti oleh 253 peserta dan 114 dinyatakan lulus. Pendidikan Kimia diikuti oleh 30 peserta dan dinyatakan lulus sebanyak 28 peserta. Prodi PPKn lulus 100% dari 26 peserta.

Dekan FKIP Universitas Mataram Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc, turut hadir dan menyampaikan sambutannya. Dalam sambutan beliau, Dekan FKIP Unram menyampaikan rasa terima kasih beliau kepada semua panitia dan peserta PPG DALJAB 2020, sehingga kegiatan PPG dapat terlaksana dengan baik. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta PPG yang dinyatakan lulus telah menjadi Alumni Universitas Mataram. Sebagai Alumni yang membawa nama almamater, diharapkan dapat menjaga nama baik dengan menjadi prilaku guru yang professional sesuai dengan visi dan misi PPG Universitas Mataram. Alumni harus menjadi prilaku yang baik dan tetap mengasah kompetensi guru professional yang dimiliki. Tidak lupa beliau menyampaikan bahwa lulusan PPG DALJAB 2020 harus menjadi alumni yang mampu menjadi penyejuk hati dan memanfaatkan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk mengapdi kepada Bangsa Indonesia. (FF)

Berita lainnya