Gambar 1. Manager pelaksana program INOVASI menyampaikan deskripsi program

Mataram, 8 Maret 2021 – Kemitraan antara FKIP Universitas Mataram dengan INOVASI adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa di Kabupaten Lombok Tengah. Kemitraan yang bernama “Program Semua Anak Cerdas” itu mempunyai 2 kegiatan umum, yaitu penguatan kapasitas guru dalam mengajarkan literasi dan numerasi yang inklusif di sekolah dasar di Kabupaten Lombok Tengah dan penguatan dukungan PGSD FKIP Universitas Mataram terhadap pembelajaran literasi dan numerasi yang inklusif. Penguatan kapasitas PGSD FKIP Universitas Mataram tersebut dilakukan dengan melakukan pengarusutamaan isu pembelajaran literasi dan numerasi yang inklusif di lingkungan kampus. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membangun kapasitas PGSD sebagai pencetak tenaga guru dalam kaitan dengan perbaikan kualitas pembelajaran literasi dan numerasi yang inklusif. Salah satu kegiatan yang akan dilakukan dalam penguatan kapasitas PGSD tersebut adalah workshop otorisasi program. Sebuah workshop yang melibatkan para pemangku kebijakan di level fakultas dan program studi.

Acara workshop dibuka oleh Dekan FKIP Universitas Mataram, Prof. Dr. H. A Wahab Jufri, M.Sc. dan dihadiri oleh dekanat, kepala unit LPPTP, ketua GPMF, serta perwakilan dari program studi PGSD. Dekan FKIP menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh program studi PGSD sebagai program yang membuka peluang-peluang di tahun-tahun berikutnya. Dekan juga menambahkan, kerjasama dengan INOVASI ini dapat dimanfaatkan sebagai nilai tambah bagi program studi PGSD yang mana sekarang sedang mengajukan akreditasi.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah meningkatkan kualitas pembelajaran literasi dan numerasi dasar yang inklusif bagi siswa di SD sasaran di kabupaten Lombok Tengah. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan dukungan program studi PGSD FKIP Universitas Mataram terhadap pembelajaran literasi dan numerasi yang inklusif. Akhirnya, dengan kegiatan ini pula diharapkan akan memiliki dampak yang nyata seperti keterlibatan mahasiswa dalam implementasi program dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasisswa dan dosen terkati pembelajaran literasi dan numerasi yang inklusif. Penelitian terkait pembelajaran literasi dan numerasi yang inklusif memberi peluang dan pengalaman riset bagi dosen dan mahasiswa. PLP yang merupakan sub unit LPPTP di SD sasaran sebagai uji coba rancangan PLP tematik pembelajaran literasi dan numerasi yang inklusif bagi mahasiswa. (FT)