Mataram, 9 Maret 2021 – Program Studi PG – PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram belum lama ini telah menyelenggarakan kuliah umum dengan tema : “Pembelajaran Anak di Masa Pandemi”. Kuliah Umum ini menghadirkan dua narasumber ahli dari Prodi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Prodi PG – PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Narasumber ahli tersebut adalah dr. Titi Pambudi Karuniawaty, M.Sc., Sp.A. dan Drs. I Nyoman Suarta, M.Si. Kegiatan yang terbuka bagi seluruh mahasiswa, alumni dan guru PAUD ini diselenggarakan pada kamis, (25/02/2021) secara virtual.

Kuliah umum ini dibuka oleh Wakil Dekan I bidang akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram, Dr. Gunawan, S.Pd., M.Pd. Beliau mengharapkan kuliah umum ini dapat dijadikan salah satu fasilitas  untuk menambah ilmu dan informasi serta sebagai penyambung silaturahmi di masa pandemi.

Pada kesempatan ini, dr. Titi Pambudi Karuniawaty, M.Sc., Sp.A. selaku narasumber ahli pertama yang merupakan dokter spesialis anak, memaparkan pentingnya menjaga kesehatan anak di masa pandemi. Menurut beliau, di masa pandemi ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar anak sesuai usianya. Nutrisi dan gizi yang baik dinilai dapat meningkatkan imunitas anak. Lebih lanjut beliau mengungkapkan, selain nutrisi dan asupan gizi yang optimum, stimulasi tumbuh kembang anak juga memainkan peranan penting. Orang tua harus mampu mengembangkan kegiatan – kegiatan edukatif dan aktivitas menyenangkan untuk anak selama dirumah, sehingga kebugaran tubuh mereka tetap terjaga. Selain itu,orang tua juga harus mulai membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak. Salah satu dosen Prodi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran ini juga memaparkan bahwa dimasa pandemi ini, orang tua biasanya akan kesulitan mengatur waktu screen time anak. Screen time yang melebihi batas rekomendasi IDAI, akan menimbulkan gangguan tidur, penambahan berat badan, berkurangnya kemampuan berkomunikasi, dan kesehatan mata anak yang terganggu. Oleh karena itu orang tua harus mulai menerapkan pola asuh anak yang baik terkait screen time, salah satunya dengan mulai mencontohkan pembatasan dalam penggunaan waktu screen time < 2 jam perhari.

Narasumber ahli kedua yaitu, Drs. I Made Suarta, M.Si. yang juga merupakan salah satu dosen prodi PG – PAUD FKIP Universitas Mataram. Beliau menyampaikan esensi pembelajaran untuk anak usia dini khususnya di masa pandemi ini. Dalam paparannya, beliau mengemukakan enam aspek penting yang perlu distimulasi atau dikembangkan pada pembelajaran anak usia dini. Aspek pertama merupakan nilai moral dan agama anak, aspek kedua yakni keterampilan fisik – motorik anak, aspek ketiga adalah perkembangan kognitif anak, aspek keempat yaitu kemampuan berbahasa anak, aspek kelima yaitu sosial emosional anak, dan terakhir seni. Keenam aspek penting ini dapat dengan mudah dikembangkan melalui berbagai macam kegiatan bermain edukatif yang dinilai mampu menstimulasi perkembangan anak secara holistik – integratif. Beliau juga memaparkan berbagai strategi yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan proses pembelajaran dimasa pandemi, beberapa diantaranya yaitu melakukan home visit dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, system shift (anak dibagi dalam kelompok kecil, dimana setiap kelompok tersebut bergilir datang ke sekolah) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, atau dapat dilakukan melalui teknik pengiriman tugas oleh guru yang kemudian dikerjakan masing – masing anak dengan bimbingan orang tuanya dirumah.

Setelah kedua narasumber ahli selesai memaparkan materinya, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berlangsung sangat komunikatif. Pada sesi diskusi ini, peserta terlihat sangat antusias untuk lebih memahami materi yang disampaikan oleh kedua narasumber. Kuliah umum ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama yang diikuti oleh semua peserta, narasumber, dan panitia penyelenggara.

Berita lainnya