Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram kembali mengadakan yusium periode bulan Maret tahun 2022. Pelaksanaan yudisium bulan Maret ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2022 bertempat di Aula Lantai 3 Gedung A FKIP UNRAM. FKIP konsisten dalam pelaksanaan yudisium setiap bulannya untuk meningkatkan indikator kinerja utama, khususnya lulusan tepat waktu. Untuk kedepannya FKIP berkomitmen untuk tetap melaksanakan yudisium setiap bulannya terlepas dari jumlah mahasiswa yang dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Pada yudisium bulan Maret 2022 ini, seperti halnya yusium-yudisium sebelumnya dihadiri oleh unsur Dekanat, Ketua Jurusan, Kaprodi dan tentunya mahasiswa. Dalam kesempatan ini,pejabat Dekanat yang hadir adalah Dekan FKIP UNRAM Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Gunawan, M.Pd., dan Wakil Dekan Bagian Umum dan Keuangan, Dr. Sukardi, M.Pd. Semua Ketua Jurusan di Lingkungan FKIP UNRAM juga tercatat menghadiri acara yudisium.

Yudisium periode Maret 2022 ini masih dilaksanakan menggunakan sistem hybrid. Pelaksanaannya terdiri dari pertemuan luring dan pertemuan daring. Pada periode kali ini tercatat jumlah mahasiswa yang mengikuti yudisium adalah 136 mahasiswa dengan 1 Magister dan 135 Sarjana. Karena Indonesia masih menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19, maka pelaksanaan yudisium Maret 2022 ini pun masih memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan, sehingga dilaksanakan secara hybrid. Mahasiswa yang hadir secara luring sebanyak 63 mahasiswa dan 73 mahasiswa mengikuti secara daring melalui zoom meeting.

Acara yudisium masih mengikuti SOP pelaksanaan yang telah ditetapkan. Ketika mahasiwa yang menghadiri secara luring telah hadir semua dan semua perangkat pejabat FKIP UNRAM telah hadir maka acara yudisium pun dimulai bersamaan baik daring dan luring. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kemudian diikuti oleh lagu Mars FKIP UNRAM. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK yudisium periode Maret 2022 oleh Dr. Gunawan, M.Pd., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik. Pembacaan SK dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama Mahasiswa yang lulus pada yudisium periode ini oleh masing-masing Ketua Jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Jurusan Pendidikan MIPA, Jurusan Pendidikan IPS, dan Jurusan Ilmu Pendidikan.

Setiap yudisium akan disampaikan mahasiswa-mahasiswa lulusan terbaik pada periode tersebut. Pada periode Maret 2022 tercatat 4 mahasiswa dinyatakan lulus dengan pujian (Cum Laude). Dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa bernama Aulia CIka Kartika berhasil lulus dengan IPK 3.73 (Dengan Pujian), dari Prodi PPKn mahasiswa atas nama Riki Azwari lulus dengan IPK 3.72 (Dengan Pujian), Prodi Sosiologi diwakili oleh Viranda Putri Khaima sebagai mahasiswa dengan IPK 3,93 (Dengan Pujian), dan terakhir adalah Salma Firdaus, mahasiswa Prodi PGSD berhasil lulus dengan IPK 3,92 (Dengan Pujian). 124 mahasiswa lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan 6 mahasiswa lulus dengan predikat Memuaskan.

Dekan FKIP UNRAM Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc. mengukuhkan 136 mahasiswa lulusan FKIP periode Maret 2022, yang selanjutnya bergabung bersama puluhan ribu alumni FKIP yang telah terjun dalam berbagai bidang di masyarakat. Dalam sambutannya terdapat beberapa poin yang disampaikan oleh Dekan FKIP UNRAM. Pertama, beliau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus pada periode Maret 2022 ini. Kedua, beliau menyampaikan berbagai evaluasi terkait peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan FKIP UNRAM, baik dari segi waktu belajar dan predikat lulusan yang sangat masih bisa ditingkatkan. Ketika, beliau berpesan kepada semua lulusan bahwa mereka telah menuntaskan seluruh hak dan kewajiban mereka di bangku kuliah, selanjutnya setiap lulusan harus berkontribusi untuk menjadi manusia yang mendidik dan mencerdaskan di berbagai bidang sesuai dengan Visi dan Misi FKIP UNRAM. Beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dalam pelaksanaan pendidikan di lingkungan FKIP sehingga bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing dan berkontribusi positif di masyarakat. Terakhir, beliau berpesan kepada lulusan untuk tetap menjalin hubungan dengan Kampus FKIP UNRAM, karena suatu saat nanti kampus akan membutuhkan bantuan setiap lulusan untuk mengisi survei dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pengadaan pelayanan pendidikan di FKIP UNRAM.

Sebagai penutup, kami ingin menyampaikan beberapa pesan kepada lulusan-lulusan FKIP UNRAM. Selamat telah menuntaskan satu periode hidup dan semoga bisa melanjutkan periode berikutnya dengan semangat untuk lebih berhasil. Seperti kata Buya Hamka, masyarakat lebih senang dan merasa lebih berfaedah berhadapan dengan pemuda-pemuda yang bersemangat dan bercita-cita, yang senantiasa resah dan gelisah, yang tiada merasa puas, yang hendak memahat batu, yang hendak mengisarkan bukit, yang berkata, “inilah Saya!”. Kami ucapkan terima kasih dan kami memohon maaf jika selama menempuh pendidikan di FKIP UNRAM, ada pelayanan-pelayanan yang masih belum maksimal dan kami meminta saran yang membangun untuk masa depan FKIP UNRAM yang lebih cemerlang. Terus maju pendidikan Indonesia. (FF)

Berita lainnya