Hari Kamis, 7 Juli 2022, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram menerima perwakilan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat (BKSD NTB). Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Program Studi Pendidikan Biologi dengan BKSDA NTB. Program kerjasama ini merupakan salah satu langkah yang diambil prodi pendidikan biologi untuk mendukung program MBKM (Merdeka Belajar kampus Merdeka) yang diinstruksikan oleh Kemendikbud. Rencana kerjasama yang akan dilakukan antara lain kerjasama penelitian, pengabdian dan untuk kampus merdeka  pada kegiatan magang penelitian, kerja di desa, dan kampus mengajar.

Kemendikbud (2020) menjelaskan bahwa program studi diharapkan menerapkan kerjasama dengan lembaga lain dalam mendukung implementasi kurikulum MBKM. Kunci keberhasilan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan kebijakan ini adalah adanya kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.


Kemudian, perlu adanya kolaborasi dan kerja sama antara program studi dengan pihak lain
yang dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran mahasiswa. Sehingga, diharapkan program studi dapat melakukan pengembangan kurikulumnya sesuai dengan kebijakan MBKM, guna menghasilkan mahasiswa berkompeten dan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan.

Berita lainnya