Visi Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mengembangkan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berkebinekaan berbasis riset dan berwawasan global

Tujuan Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Menghasilkan lulusan tenaga pendidik, peneliti, aktivis budaya, dan wirausahawan yang berwawasan kebinekaan
  2. Menghasilkan produk penelitian yang bermutu dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang berwawasan kebinekaan
  3. Mendiseminasikan produk penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang berwawasan kebinekaan
  4. Menghasilkan berbagai produk kerja sama bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang mendukung peningkatan kualitas tridarma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia
  5. Mewujudkan tata kelola program studi yang profesional dan melayani untuk mendukung terlaksananya tridarma perguruan tinggi

Strategi Program Studi

Pilar Pendidikan

  1. Mengontrol dan memastikan program dan kegiatan PS PBSI mendukung dan menguatkan akreditasi PS PBSI.
  2. Melakukan promosi PS PBSI dan menyosialisasikan VTS dan dokumen kurikulum kepada para pemangku kepentingan.
  3. Mengevaluasi VTS dan kurikulum secara berkala dan mengembangkannya sesuai dengan standar KKNI, SN Dikti, dan OBE.
  4. Menyediakan RPS dan RTM berbasis OBE dengan menggunakan pembelajaran berbasis kasus dan pembelajaran berbasis proyek.
  5. Menyediakan perpaduan perkuliahan dengan moda daring melalui Spada Unram dan luring melalui tatap muka di kelas.
  6. Melaksanakan evaluasi pembelajaran secara berkala melalui kuesioner yang sesuai standar SPMI.
  7. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional melalui kegiatan pelatihan secara berkala.
  8. Memfasilitasi peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa agar mampu memenuhi syarat ujian skripsi dengan skor TOEFL minimal 400.
  9. Melaksanakan lokakarya dan pelatihan untuk pengembangan kapasitas dosen dalam pembelajaran.
  10. Memfasilitasi pertukaran mahasiswa untuk mendukung MBKM.
  11. Melaksanakan tracer study alumni untuk kebutuhan data evaluasi dan pengembangan PS PBSI.
  12. Mengintegrasikan nilai kebinekaan dalam RPS dan RTM perkuliahan.

Pilar Penelitian

  1. Menetapkan kelompok peneliti bidang ilmu (KPBI) dosen PS PBSI dan peta jalan penelitian PS PBSI.
  2. Melaksanakan lokakarya dan pelatihan untuk pengembangan kapasitas dosen dalam penelitian kompetitif, publikasi ilmiah berstandar nasional dan internasional bereputasi, HAKI, dan paten.
  3. Melaksanakan penelitian dosen yang berbasis kearifan lokal untuk mendukung nilai kebinekaan.
  4. Mengolaborasikan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan publikasi ilmiah.
  5. Meningkatkan akreditasi jurnal ilmiah PS PBSI.

Pilar Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Memantapkan kelompok peneliti bidang ilmu (KPBI) dosen PS PBSI dan peta jalan pengabdian kepada masyarakat PS PBSI.
  2. Menyesuaikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kebutuhan masyarakat dan penyelesaian persoalan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di masyarakat.
  3. Mengolaborasikan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah.

Pilar Kerja Sama

  1. Melaksanakan kerja sama dan implementasi perjanjian kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan eksternal.
  2. Memperluas jaringan kerja sama PS PBSI di tingkat nasional, regional, dan internasional.

Pilar Tata Kelola

  1. Meningkatkan standar prosedur operasional tata kelola PS PBSI.
  2. Melakukan evaluasi standar mutu pelayanan PS PBSI secara berkala melalui kuesioner yang diisi oleh pemangku kepentingan internal.
  3. Memfasilitasi tenaga kependidikan untuk mengikuti kegiatan pengembangan kapasitas.
  4. Menjaga suasana akademik yang nyaman bagi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa melalui pertemuan-pertemuan secara berkala.