Selain Dr. Henny, tim pengabdian ini juga terdiri dari dosen-dosen berpengalaman dan mahasiswa yang berpartisipasi aktif:
- Drs. H. Untung Waluyo, M.A., Ph.D.
- La Ode Alfin Haris Munandar, M.Pd.
- Hartati Suryaningsih, M.A.
- Syafira Hamima Al Khairid (Mahasiswa)
- Rizki Putra Masyhadani (Mahasiswa)
Lombok Timur, 25 Mei 2024 – Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pendidikan dengan mengadakan pelatihan pengembangan modul ajar berbasis proyek (Project-Based Learning) bagi guru-guru SMPN 1 Sukamulia. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang tengah digalakkan oleh pemerintah.
Kegiatan ini dipimpin oleh Dra. Henny Soepriyanti, M.A., Ph.D., yang bertindak sebagai ketua pelaksana. Beliau menekankan pentingnya pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa. “Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi para guru untuk mengembangkan modul ajar yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan Kurikulum Merdeka,” ujar Dr. Henny.
Pelatihan ini melibatkan sesi-sesi interaktif dimana para guru diajak untuk merancang modul ajar yang berfokus pada pembelajaran berbasis proyek. Sesi ini mencakup teori, praktik, serta diskusi kelompok untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan aplikasi yang efektif di dalam kelas.
Drs. H. Untung Waluyo, M.A., Ph.D. menambahkan, “Kami ingin para guru tidak hanya memahami konsep Project-Based Learning, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dengan baik dalam proses pembelajaran sehari-hari.”
Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran di SMPN 1 Sukamulia. Dengan modul ajar yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip Project-Based Learning, siswa akan lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar, sehingga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan bekerja sama dalam tim.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan FKIP Universitas Mataram untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Lombok Timur. Dengan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, diharapkan dapat tercipta dampak positif yang berkelanjutan bagi guru dan siswa.