Program Studi S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram menggelar Workshop Evaluasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika dalam Rangka Persiapan Akreditasi Internasional selama empat hari, mulai tanggal 30 & 31 Juli serta 1 & 2 Agustus 2024, bertempat di Aula Lantai 3 Gedung A FKIP Universitas Mataram. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai langkah strategis dalam persiapan akreditasi internasional serta penyesuaian kurikulum untuk menghadapi tantangan pendidikan abad 21.

Peserta workshop berjumlah 120 orang yang meliputi: Dosen tetap Program Studi Pendidikan Fisika, Tenaga kependidikan (tenaga administrasi dan laboran), Stakeholder (pengguna), Alumni, Mahasiswa (Himafis), Perwakilan dari Gugus Penjamin Mutu Fakultas (GPMF), Perwakilan dari Badan Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BP3MF) FKIP Universitas Mataram, Perwakilan dari Gugus Pengembangan Usaha dan Kerjasama (GPUK), dan Perwakilan dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran (LPPTP) FKIP Universutas Mataram. Narasumber workshop berasal dari internal prodi dan Narasumber eksternal dari LPMPP Universitas Mataram. Workshop ini dibuka oleh Dr. Saprizal Hadisaputra, M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Akademi. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya evaluasi kurikulum yang komprehensif dan berbasis pada Outcome-Based Education (OBE), selaras dengan standar akreditasi internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kualitas Program Studi Pendidikan Fisika melalui evaluasi, perencanaan strategis, dan penguatan kerja sama baik di tingkat nasional maupun internasional. Seluruh rangkaian sesi dihadiri oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya, dengan fokus pada penguatan akreditasi, peninjauan kurikulum, reposisi mata kuliah, serta perencanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi global. Selain itu, kegiatan ini juga mencakup penyusunan dokumen kerja sama, pembentukan tim pelaksana kegiatan akademik dan non-akademik, serta penetapan langkah strategis untuk mendukung pencapaian visi dan misi program studi. Adapun uraian singkat dari setiap sesi kegiatan adalah sebagai berikut:

1. Refleksi Borang Akreditasi

Prof. Dra. Susilawati, M.Si., Ph.D. memaparkan evaluasi terhadap proses dan hasil penyusunan borang akreditasi, mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, serta langkah perbaikan untuk peningkatan mutu program studi.

2. Strategi Mempersiapkan Akreditasi Internasional
Prof. Dr. Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST., MT. membahas langkah strategis menuju akreditasi internasional, termasuk pemenuhan standar global, penguatan dokumentasi, dan peningkatan daya saing lulusan.

3. Evaluasi Kurikulum Program Studi
Wahyudi, S.Si., M.Si. dan I Wayan Gunada, S.Si., M.Pd. melakukan analisis kesesuaian kurikulum dengan capaian pembelajaran, relevansi dengan kebutuhan industri, serta pembaruan materi ajar sesuai perkembangan ilmu dan teknologi.

4. Reposisi MKWK dan MKWI dalam Kurikulum Prodi Pendidikan Fisika
Dr. Hikmawati, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Muh. Makhrus, S.Pd., M.Pd. membahas penataan ulang mata kuliah wajib universitas dan wajib kurikulum untuk memastikan kesinambungan pembelajaran dan relevansi kompetensi lulusan.

Pada sesi Review Kurikulum oleh Ketua Jurusan dan Gugus Penjamin Mutu Program Studi, Prof. Dr. Ahmad Harjono, S.Si., M.Pd. dan Dr. Syahrial Ayub, S.Pd., M.Si. memberikan masukan strategis terhadap kurikulum yang sedang direvisi. Fokus pembahasan diarahkan pada kualitas isi kurikulum, keterukuran capaian pembelajaran, kesesuaian dengan standar nasional, serta relevansinya terhadap kebutuhan dunia kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan. Proses review ini juga memastikan bahwa kurikulum selaras dengan visi, misi, dan arah pengembangan Program Studi Pendidikan Fisika, sekaligus mempersiapkan program studi untuk menghadapi tantangan akreditasi di masa mendatang.

Selanjutnya, dilaksanakan sesi Perencanaan Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Internasional yang dipandu oleh Prof. Dra. Susilawati, M.Si., Ph.D. dan Nina Nisrina, M.Pd., dengan penekanan pada pengembangan pengajaran, penelitian, dan pengabdian yang berorientasi global. Perencanaan ini mencakup kolaborasi internasional, publikasi di jurnal bereputasi, serta program pengabdian berbasis kerja sama lintas negara. Untuk mendukung implementasi rencana tersebut, Dr. Hikmawati dan Nina Nisrina, M.Pd. memfasilitasi Penyusunan Draft MoU sebagai dasar kerja sama formal dengan mitra luar negeri. Tahap akhir kegiatan ditutup dengan Pembentukan Tim Pengajar, Tim Peneliti, dan Tim Pengabdian oleh Koordinator Prodi dan Sekprodi, dengan mempertimbangkan kompetensi, pengalaman, dan sinergi antar anggota agar setiap tim mampu menjalankan tugasnya secara optimal dan berkontribusi terhadap pencapaian target internasionalisasi program studi.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Program Studi Pendidikan Fisika berhasil memperkuat fondasi akademik melalui evaluasi dan pengembangan kurikulum, merumuskan strategi internasionalisasi melalui perencanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis kolaborasi global, serta membangun jejaring kerja sama yang diformalkan dalam bentuk draft MoU. Pembentukan tim pengajar, peneliti, dan pengabdian yang solid semakin menegaskan komitmen program studi untuk menghasilkan lulusan berkualitas tinggi, berdaya saing internasional, dan siap menjawab tantangan pendidikan di era yang terus berkembang.

Share this post!