Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) menerima asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) untuk Asesmen Lapangan (AL) Program Studi (S1) Pendidikan Sosiologi. AL kali ini difokuskan pada Program Studi (PS) S1 Pendidikan Sosiologi. Kegiatan tersebut berlangsung di FKIP Unram, terutama di Aula Gedung A Lantai 3, selama dua hari, yaitu pada 29 Februari – 1 Maret 2024. Dua asesor yang bertugas pada AL kali ini adalah Amika Wardana, S.Sos., M.A., Ph.D. dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Yosafat Hermawan Trinugraha, S.Sos., M.A. Ph.D dari Universitas Sebelas Maret. Mereka melakukan asesmen pada Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang didampingi oleh Rektor Universitas Mataram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., Wakil Rektor Unram Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Sukardi, M.Pd., Kepala UPT Pustik Unram, Ketua UPT Perpustakaan Unram, KetuaBimbingan Konseling dan Pembinaan Karir (BKPK) Unram, serta Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Unram, Dr. Sitti Latifah, M.Sc. Selain UPPS, asesmen juga dilakukan pada PS Pendidikan Sosiologi, melibatkan stakeholder, alumni, mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik), dan dosen PS Pendidikan Sosiologi. Asesmen juga mencakup evaluasi terhadap sarana prasarana serta proses pembelajaran mikro (microteaching).
Rektor Universitas Mataram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. membuka kegiatan ini, diikuti dengan sambutan dari kedua asesor serta sambutan dari Dekan FKIP Universitas Mataram, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D. Pada akhir kegiatan, setelah serah terima berita acara, asesor memberikan sejumlah catatan positif terkait PS Pendidikan Sosiologi dan FKIP Unram sebagai UPPS.
Secara umum dari kesembilan kriteria yang telah diasses memiliki hasil yang baik, bahkan distandar keuangan sudah melampaui standar yang telah ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik). Dalam penelusuran terhadap para alumni, diketahui bahwa apa yang diperoleh dalam PS sangat membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan dan mengembangkan karier, khususnya dalam implementasi pembelajaran. Keunggulan PS dalam riset kemasyarakatan juga dinilai sangat baik dan direkomendasikan untuk terus dikembangkan. Dengan catatan positif ini, diharapkan PS Pendidikan IPS dapat mencapai hasil terbaik sesuai harapan. (erf)
Leave A Comment