Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Program Studi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia

Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) menerima asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) untuk Asesmen Lapangan (AL) Program Studi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia. AL kali ini difokuskan pada Program Studi (PS) S2 Pendidikan Bahasa Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung di FKIP Unram, terutama di Aula Gedung A Lantai 3, selama dua hari, yaitu pada 19 Juli – 20 Juli 2024. Dua asesor yang bertugas pada AL kali ini adalah Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya, dan Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum., M.Phil dari Universitas Negeri Jakarta. Kedua Asesor melakukan asesmen pada Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mataram, Prof. Dr. Sitti Hilyana, Wakil Rektor Unram Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Sukardi, M.Pd., Kepala UPT Pustik Unram, Ketua UPT Perpustakaan Unram, Ketua Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir (BKPK) Unram, serta Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Unram, Dr. Sitti Latifah, M.Sc., Ketua Unit Percepatan Akreditasi Universitas Mataram dr. Nurhidayati, M.Kes. Selain UPPS, asesmen juga dilakukan pada PS Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, melibatkan stakeholder, alumni, mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik), dan dosen di Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Asesmen juga mencakup evaluasi terhadap sarana prasarana serta proses pembelajaran mikro (microteaching).

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mataram, Prof. Dr. Sitti Hilyana membuka kegiatan ini, diikuti dengan sambutan dari kedua asesor serta sambutan dari Dekan FKIP Universitas Mataram, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D. Pada akhir kegiatan, setelah serah terima berita acara, asesor memberikan sejumlah catatan positif terkait PS Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan FKIP Unram sebagai UPPS.

Secara umum dari kesembilan kriteria yang telah diasses memiliki hasil yang baik, bahkan distandar keuangan sudah melampaui standar yang telah ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik). Dalam penelusuran terhadap para alumni, diketahui bahwa apa yang diperoleh dalam PS sangat membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan dan mengembangkan karier, khususnya dalam implementasi pembelajaran. Keunggulan PS Magister dalam riset bahasa multivarian juga dinilai sangat baik dan direkomendasikan untuk terus dikembangkan. Dengan catatan positif ini, diharapkan PS Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dapat mencapai hasil unggul sesuai harapan. (erf)

By |2024-07-23T06:35:54+00:00Juli 23, 2024|berita|0 Comments

Share This Story, Choose Your Platform!

About the Author:

Leave A Comment

Go to Top