Dr. H. Muhammad Amin, S.Pd., M.TESOL.

Ketua Program Studi Magister Pendidikan bahasa Inggris
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Mataram

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita semua

Era globalisasi dan pasar bebas telah memaksa setiap komponen bangsa untuk mampu beradaptasi dengan mempersiapkan kompetensi secara lebih baik sesuai standar kompetensi nasional dan internasional. Lembaga pendidikan dituntut dapat menjadi wadah pendidikan dan pelatihan manusia dengan pengetahuan, karakter, keterampilan dan kompetensi agar dapat berdayaguna dan berdaya saing tinggi di dalam perubahan zaman yang sangat drastis. Kehadiran Program Studi Magister Pendidikan (PSMP) Bahasa Inggris Universitas Mataram bertujuan untuk mempersiapkan SDM di bidang Pendidikan Bahasa Inggris sesuai standar internasional agar dapat bersaing secara internasional.

PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram dengan konsentrasi kajian pada bidang kebahasaan, pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris secara berkesinambungan erat kaitannya dengan pengembangan bidang ilmu sebidang di berbagai perguruan tinggi. Pada bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris, program studi ini memberikan kompetensi teoretis dan praktis tentang pembuatan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran secara aktif, efektif, inspiratif, inovatif dan menyenangkan. Program pendidikan seperti ini telah dan tengah berkembang di Macquarie University, Deakin University, Monash University (Australia), Massachussetts State University (USA), dan Lancaster University (UK). Bedanya adalah PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram secara khusus memperhatikan kebutuhan dan kondisi lingkungan peserta didik di kawasan Nusa Tenggara. Bekerjasama dengan TESOL Asia dan Asia TEFL, PSMP Bahasa Inggris menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan standar internasional dan ijazah diakui oleh TESOL Asia dan Asia TEFL serta perguruan tinggi internasional yang bekerja dengan kedua lembaga tersebut.

Dengan sebaran mata kuliah yang dirancang dalam kurikulum sesuai kebutuhan yang berprospek ke masa depan dan mengutamakan kualitas (quality first) serta mengajar kualitas utama (first quality), lulusan PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram mampu bersaing dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dan studi lanjut ke jenjang S3 (program doktor) di dalam dan luar negeri.