Visi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

“Menjadi program studi pengembang SDM beriman, bertaqwa, unggul dan berdaya saing melalui pelaksanaan penelitian, pengabdian, pembelajaran, publikasi ilmiah, dan kerjasama berkualitas nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa Inggris pada tahun 2025

Misi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan berkualitas nasional dan internasional berbasis riset melalui proses pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, dan berbasis kebutuhan mahasiswa agar dapat menghasilkan SDM beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, berkompetensi literasi tinggi, dan mampu mengembangkan potensi lokal untuk pembelajaran bahasa Inggris secara nasional dan global.
  2. Mengembangkan pemikiran-pemikiran baru, inovatif dan orisinil dalam bidang kebahasaan, kemasyarakatan, dan pembelajaran bahasa Inggris melalui kegiatan penelitian berstandar mutu nasional dan internasional sesuai tuntutan keilmuan, kebutuhan masyarakat dan skala prioritas pembangunan nasional and berdaya guna bagi masyarakat lokal, regional dan nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis riset dalam rangka memberdayakan masyarakat lokal, nasional dan global memecahkan masalah dengan mendayagunakan potensi sosial, bahasa dan budaya masing-masing.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak lokal, nasional dan internasional sebagai penunjang pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah dalam rangka mewujudkan program studi berbasis riset.
  5. Melaksanakan tata kelola aset, keuangan dan administrasi berstandar tata kelola yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel dalam rangka mewujudkan program studi berstandar mutu nasional dan internasional.

Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Tujuan Umum

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu, yaitu tenaga pendidik bidang kebahasaan yang kreatif, inovatif, integratif, mampu mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinil bagi perkembangan pendidikan dan pengajaran bahasa, khususnya bahasa Inggris, melalui penelitian dan forum ilmiah, dan mampu menerapkan gagasan-gagasan itu untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan bahasa dan sastra Inggris.
  2. Mengembangkan ilmu kebahasaan dan pembelajaran bahasa Inggris melalui perkuliahan, bimbingan penelitian, diskusi dan forum ilmiah.
  3. Menghasilkan tenaga profesional di bidang kebahasaan dan pendidikan bahasa Inggris yang mampu rnengembangkan kinerja dan profesionalismenya melalui ketajaman analisis, keserbacakupan dalam tinjauan, keterpaduan dalam pemecahan masalah, dan kejelasan dalam publikasi dan komunikasi ilmiah.

Tujuan Bidang Pendidikan

  1. Meningkatkan kualitas PBM melalui pendidikan. Pelatihan, dan perbaikan lingkungan kerja dosen dan pegawai
  2. Menata kelembagaan pendidikan dan pelayanan program studi dan mengembangkan konsentrasi dan bidang keahlian baru sesuai kebutuhan masyarakat lokal, pembangunan nasional dan internasional.
  3. Menyediakan sarana, prasarana dan pembiayaan pendidikan yang memadai dan berkualitas.
  4. Menyediakan program pengembangan dosen dan pegawai non-dosen melalui program pendidikan S2, S3, promosi Guru Besar, kursus dan pelatihan, baik di dalam maupun luar negeri sesuai dengan kebutuhan prodi.
  5. Mengembangkan mekanisme dalam seleksi mahasiswa baru, pengembangan proses belajar mengajar (PBM) dan pembinaan penalaran, minat, dan bakat mahasiwa
  6. Mengembangkan kurikulum, silabus dan bahan ajar berbasis hasil penelitian sesuai dengan kebutuhan hidup dan kebutuhan belajar mahasiswa agar luaran dapat berdaya guna bagi diri dan masyarakat sekitarnya.

Tujuan Bidang Penelitian

  1. Menata dan mewujudkan sistem layanan informasi penelitian yang cepat, akurat, dan transparan agar potensi sumber daya manusia yang ada dapat berparitispasi aktif menghasilkan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni sesuai kebutuhan masyarakat,
  2. Memanfaatkan sarana, prasarana dan pembiayaan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni.
  3. Membina sumberdaya manusia peneliti dan pengembang ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni yang profesional dan berdaya saing tinggi.
  4. Melaksanakan kegiatan penelitian bersama dosen dan mahasiswa.

Tujuan Bidang Pengabdian pada Masyarakat

  1. Menata dan mengembangkan sistem layanan informasi pengabdian yang cepat, akurat, dan transparan agar potensi sumber daya manusia yang ada dapat berparitispasi aktif menyumbangkan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni sesuai kebutuhan masyarakat.
  2. Mengusahakan sarana, prasarana dan pembiayaan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  3. Mengembangkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan Bidang Kerjasama

  1. Menata dan mengembangkan kerjasama agar mampu menjalin hubungan dengan berbagai pihak/lembaga di tingkat regional, nasional, dan internasional yang mendukung peningkatan kinerja dan mutu luaran jurusan,
  2. Meraih peluang pengembangan sumber penerimaan (revenue generating) melalui pemanfaatan secara optimal seluruh sumberdaya yang ada.
  3. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan sumberdaya manusia dalam menjalin hubungan kerjasama dengan pihak/lembaga lain.

Visi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris