Benchmarking Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Mataram dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia

Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Mataram ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia Tanjong Malim, Perak, Malaysia | 30–6 Juli 2024, Kegiatan benchmarking ini merupakan bagian dari upaya pengembangan mutu akademik dan kelembagaan Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mataram. Benchmarking dilaksanakan melalui kunjungan akademik ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia, yang merupakan salah satu institusi terkemuka dalam bidang pendidikan di kawasan Asia Tenggara.

Dalam rangka penguatan mutu akademik, peningkatan kualitas tata kelola program studi, serta mendorong langkah-langkah strategis menuju internasionalisasi pendidikan tinggi, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mataram melaksanakan kegiatan benchmarking ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia, pada tanggal 12 hingga 15 Juli 2025. UPSI, yang berlokasi di Tanjong Malim, Perak, merupakan salah satu universitas terkemuka di Malaysia yang memiliki fokus utama dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di sektor kependidikan. Dengan reputasi yang telah mendunia dalam pengelolaan program studi pascasarjana dan penelitian pendidikan, UPSI menjadi mitra strategis bagi FKIP Unram dalam upaya untuk mengadopsi praktik-praktik unggul (best practices) dalam sistem pendidikan tinggi yang modern dan berbasis mutu. Kegiatan benchmarking ini diikuti oleh perwakilan pimpinan FKIP Unram, jajaran pengelola Program Studi Magister Pendidikan Dasar, dosen, serta staf akademik yang relevan. Total delegasi berjumlah 10 orang, yang secara aktif terlibat dalam berbagai sesi diskusi, observasi, dan penjajakan kerja sama. Kunjungan ini tidak hanya dimaknai sebagai studi banding institusional, melainkan juga sebagai langkah awal membangun jejaring internasional yang berkelanjutan dan produktif.

Rangkaian kegiatan benchmarking meliputi pertemuan resmi dengan pimpinan UPSI, presentasi profil institusi dari kedua belah pihak, serta diskusi mendalam mengenai pengelolaan program magister di bidang pendidikan dasar. Salah satu agenda utama adalah eksplorasi terhadap desain kurikulum berbasis outcome, sistem penjaminan mutu internal (Internal Quality Assurance), sistem evaluasi pembelajaran, serta strategi pelibatan mahasiswa dalam penelitian kolaboratif dan publikasi ilmiah. Selain itu, delegasi FKIP Unram juga melakukan kunjungan langsung ke sejumlah fasilitas di lingkungan kampus UPSI, termasuk laboratorium pendidikan, pusat riset inovatif, ruang pembelajaran digital, dan pusat pengembangan profesi guru. Kegiatan ini membuka wawasan baru terkait integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pemanfaatan sistem informasi akademik berbasis data, dan pendekatan pedagogi terkini yang relevan dengan tantangan global dalam pendidikan dasar. Di akhir kegiatan, kedua institusi sepakat untuk menjajaki kerja sama akademik lebih lanjut, yang diformalkan melalui penyusunan draft nota kesepahaman (MoU). Bentuk kerja sama yang direncanakan mencakup program pertukaran dosen dan mahasiswa, penyelenggaraan seminar atau konferensi internasional bersama, kolaborasi penelitian di bidang pendidikan dasar, serta publikasi bersama di jurnal bereputasi internasional.Sebagai luaran dari kegiatan benchmarking ini, Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP Unram akan menyusun laporan evaluatif dan rencana tindak lanjut yang akan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum, penyusunan kebijakan akademik, serta peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat proses akreditasi internasional dan memperkuat daya saing lulusan di tingkat global. Secara keseluruhan, kegiatan benchmarking ke UPSI Malaysia merupakan tonggak penting dalam transformasi Program Studi Magister Pendidikan Dasar FKIP Universitas Mataram menuju program yang unggul, adaptif terhadap perubahan global, dan responsif terhadap kebutuhan dunia pendidikan abad ke-21. Sinergi yang terbangun antara Unram dan UPSI menjadi fondasi awal menuju kolaborasi akademik yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.