Lombok Timur, 31 Mei 2025 — Dalam upaya memperkuat kompetensi guru dan menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SDN 2 Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, pada Sabtu, 31 Mei 2025. Kegiatan ini menghadirkan empat tim dosen yang menyampaikan topik-topik inovatif dan aplikatif untuk guru sekolah dasar, dengan fokus pada penguatan TPACK, numerasi kontekstual, berpikir kritis, dan pemanfaatan teknologi AI dalam evaluasi pembelajaran.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ibu Nani Kurniati, M.Sc., selaku perwakilan dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNRAM, bersama Bapak Lalu M. Jauhari Marjani, M.Pd., Kepala UPT Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Suela. Dalam sambutannya, keduanya menyampaikan apresiasi atas kontribusi nyata perguruan tinggi dalam mendukung peningkatan kualitas guru dan pembelajaran di wilayah Suela.
Berikut adalah empat topik utama yang disampaikan dalam kegiatan ini:
-
“Sosialisasi Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Guru SDN 2 Suela Lombok Timur”
Disampaikan oleh tim yang diketuai oleh Dr. Nyoman Sridana, M.Si., materi ini mengenalkan kerangka TPACK sebagai pendekatan dalam menyusun LKPD yang mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten. Peserta diajak untuk memahami pentingnya sinergi ketiga unsur tersebut dalam menciptakan pembelajaran yang relevan, kontekstual, dan menyenangkan bagi siswa. -
“Pelatihan Menyusun Strategi Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika bagi Para Guru SD di Gugus Suela Lombok Timur”
Dipresentasikan oleh tim Drs. Ketut Sarjana, M.S., pelatihan ini bertujuan membekali guru dengan strategi konkret untuk mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Materi difokuskan pada bagaimana merancang pertanyaan pemantik, diskusi reflektif, serta aktivitas pemecahan masalah yang membangun nalar kritis siswa. -
“Workshop Membelajarkan Numerasi di Berbagai Konteks untuk Guru di SDN 2 Suela”
Disampaikan oleh tim Ibu Ni Made Intan Kertiyani, M.Pd., workshop ini menitikberatkan pada pendekatan pembelajaran numerasi yang berbasis konteks kehidupan sehari-hari.
Dalam praktiknya, guru-guru bekerja dalam kelompok menyelesaikan masalah numerasi berbasis bencana alam, yaitu letusan Gunung Rinjani. Mereka melakukan penyelidikan spasial menggunakan peta untuk menentukan kecamatan-kecamatan yang terdampak pada radius tertentu dari pusat letusan. Aktivitas ini tidak hanya mengasah kemampuan numerik, tetapi juga keterampilan analitis, kolaboratif, dan berpikir spasial guru sebagai fasilitator pembelajaran bermakna. -
“Optimalisasi Kompetensi Guru SD Melalui Pelatihan Penyusunan Evaluasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Artificial Intelligence (AI) di Gugus Suela”
Dipandu oleh tim Ibu Ratna Yulis Tyaningsih, S.Pd., M.Pd., sesi ini memperkenalkan Canva Magic AI sebagai alat bantu dalam menyusun evaluasi pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Peserta dilatih menyusun soal, kuis, dan rubrik penilaian berbasis digital dengan sentuhan desain menarik yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses evaluasi.
Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mendapatkan antusiasme tinggi dari para peserta. Diskusi aktif dan praktik langsung selama pelatihan memperkaya wawasan guru dan membuka peluang kolaborasi antara sekolah dan perguruan tinggi.
Melalui kegiatan ini, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram menegaskan komitmennya dalam memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan dasar, khususnya di daerah Lombok Timur, dengan terus mendorong inovasi pembelajaran yang kontekstual, kolaboratif, dan berbasis teknologi.


