Lombok Timur, 31 Mei 2025 — Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di SDN 4 Suntalangu, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ketua Gugus Suntalangu, Hj. Hidayatul Laely, S.Pd.SD, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan harapan agar kegiatan ini dapat memberikan dampak langsung terhadap kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah dasar Gugus Suntalangu. Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram, Dr. Laila Hayati, M.Si., turut hadir dan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata kontribusi akademik dalam menjawab tantangan pendidikan di era digital.
Kegiatan ini diikuti oleh para guru SD dari Gugus Suntalangu dan diisi dengan serangkaian pelatihan dan pendampingan oleh dosen-dosen dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unram. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain:
Penguatan Pembelajaran Matematika Inovatif Melalui Permainan Edukatif
Disampaikan oleh tim Dr. Arjudin, M.Si., materi ini bertujuan untuk menginspirasi guru-guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui permainan edukatif yang kontekstual dan berbasis pada pemahaman konsep matematika dasar.
Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis IT
Tim Ibu Tabita Wahyu Triutami, S.Pd., M.Pd., memfasilitasi guru-guru dengan keterampilan menggunakan media interaktif berbasis teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di kelas. Guru diajak langsung mencoba beberapa aplikasi dan platform yang dapat digunakan secara praktis dalam proses belajar mengajar.
Pemanfaatan IT & AI (Diffit) dalam Pembelajaran Literasi yang Berdiferensiasi
Ibu Dwi Novitasari, S.Pd., M.Pd., menyampaikan pelatihan tentang pemanfaatan kecerdasan buatan, khususnya platform Diffit, dalam mengembangkan materi literasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Selain itu, peserta juga dibekali dengan keterampilan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi melalui visualisasi yang menarik dan interaktif.
Inovasi Media Digital Berbasis Website untuk Pembelajaran Matematika
Tim Bapak Junaidi, S.Pd., M.Pd., memperkenalkan pembuatan dan pemanfaatan media digital berbasis web yang dapat mendukung visualisasi konsep-konsep matematika secara lebih menarik dan interaktif. Guru dilatih untuk menggunakan dan mengakses media pembelajaran berbasis website secara mandiri dan kreatif.
Coaching Clinic Media Asesmen Digital Berbasis Website
Sesi terakhir oleh tim Bapak Gilang Primajati, S.Si., M.Sc., menghadirkan pelatihan langsung penggunaan media asesmen digital sebagai alat evaluasi pembelajaran yang efisien dan akurat. Para peserta tidak hanya dikenalkan pada tools digital, tetapi juga dilatih bagaimana mengintegrasikannya secara optimal ke dalam pembelajaran sehari-hari.
Salah satu momen yang paling menarik dari kegiatan ini adalah saat para guru diberi kesempatan untuk mencoba secara langsung teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam konteks pembelajaran. Pengalaman ini menjadi pembuka wawasan baru bagi para guru mengenai potensi teknologi dalam dunia pendidikan, terutama dalam menyampaikan materi abstrak secara konkret dan menyenangkan.
Kegiatan pengabdian ini ditutup dengan antusiasme tinggi dari para peserta, yang berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak sekolah di wilayah Lombok Timur. Melalui kegiatan ini, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram membuktikan perannya sebagai agen perubahan dalam memajukan pendidikan dasar melalui pendekatan inovatif, kolaboratif, dan berbasis teknologi.