Mataram, 11 Juli 2025 — Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Terapan (SNaPMaT) 2025, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram menggelar sesi paralel yang menjadi ajang berbagi pengetahuan, hasil riset, dan pengalaman antar peneliti, akademisi, dan praktisi pendidikan dari berbagai penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

Kegiatan sesi paralel ini dilaksanakan secara hybrid pada Jumat, 11 Juli 2025, dengan delapan ruang diskusi luring (offline) dan dua ruang daring (online). Total terdapat 111 pemakalah terdaftar yang mempresentasikan hasil penelitiannya, menjadikan sesi ini sebagai ruang ilmiah yang dinamis dan inklusif.

Para pemakalah berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, antara lain:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sumatera
  • Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Pendidikan Mandalika
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Universitas Islam Malang
  • Universitas Andalas
  • UIN Mataram
  • Universitas Langlangbuana
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Pasifik Morotai
  • Universitas Sanata Dharma
  • Universitas Mataram (selaku tuan rumah)

Menariknya, dalam pelaksanaan SNaPMaT tahun ini, turut hadir pemakalah yang berasal dari luar negeri, yaitu dari Pakistan, yang menandai semakin terbukanya seminar ini sebagai forum akademik bertaraf internasional.

Untuk memperkaya wawasan dan memperdalam kajian, para peserta dibagi dalam berbagai kategori bidang, antara lain Etnomatematika, Kombinatorika, Komputasi, Matematika Terapan, Media dan Teknologi Pembelajaran, Pembelajaran Sekolah, Pendidikan Matematika, Statistika dan Aktuaria.

Ruang-ruang paralel ini tidak hanya menjadi wadah presentasi hasil penelitian, tetapi juga menjadi ruang dialog akademik yang mendorong kolaborasi lintas kampus dan lintas disiplin. Suasana diskusi berlangsung aktif, membangun atmosfer intelektual yang positif bagi pengembangan keilmuan, terutama di bidang pendidikan matematika dan terapan.

Melalui sesi paralel ini, SNaPMaT 2025 memperkuat perannya sebagai forum ilmiah yang tidak hanya berskala nasional, tetapi juga mulai merambah jaringan global. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unram membuktikan komitmennya dalam membuka ruang partisipatif bagi para akademisi untuk saling belajar dan bertumbuh bersama dalam semangat keilmuan.

Berita lainnya