Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

“Menjadi program studi yang berkualitas, berbudaya dan berdaya saing nasional maupun internasional berbasis riset pada tahun 2025 dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unram yang berkualitas dan berbudaya berdasarkan kualifikasi dan kompetensi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Meningkatkan kualitas desain, model, metode, strategi, dan pendekatan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk bisa diterapkan secara global.
  3. Meningkatkan kepedulian terhadap eksistensi budaya lokal dengan menjadikannya sebagai acuan utama dalam berkelembagaan.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, dan dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan pengabdian dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia.

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Terciptanya lulusan Prodi PBSI FKIP Unram yang mampu bekerja secara profesional di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Terciptanya lulusan yang memiliki kemampuan manajerial sehingga dapat melakukan pengawasan dan bimbingan dalam bidangnya.
  3. Terwujudunya kemampuan dalam menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Terciptanya desain, model, metode, strategi, dan pendekatan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang bersifat konstruktif dan kontekstual.
  5. Terwujudnya sivitas akadamik yang berbudi luhur dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kearifan budaya.
  6. Tercapainya kualitas penelitian yang tinggi, baik yang bersifat mandiri maupun kelompok dengan jumlah yang signifikan.
  7. Terpublikasikannya hasil penelitian di jurnal terakreditasi nasional dan internasional.
  8. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.