Mataram, 14 Agustus 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme tenaga pengajar, Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Unram bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) INNAS menggelar kegiatan sertifikasi kompetensi bagi para dosennya. Sertifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa para dosen memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar industri dan mampu beradaptasi dengan perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan sosiologi.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini (12-13 Agustus 2024) dihadiri oleh dosen-dosen dari Program Studi Pendidikan Sosiologi yang telah mengikuti serangkaian pelatihan dan uji kompetensi. Ketua Program Studi Pendidikan Sosiologi, Hairil Wadi S.Pd.,M.Pd., menyampaikan bahwa sertifikasi ini merupakan langkah penting dalam menjaga kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa.
“Sertifikasi kompetensi ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri para dosen dalam mengajar, tetapi juga memberikan jaminan kepada mahasiswa bahwa mereka mendapatkan pembelajaran dari tenaga pengajar yang kompeten dan berstandar nasional,” ujar Hairil Wadi S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya.
Selain itu, Pemateri dari LSP INNAS, Bapak Sumantri SE.MM, menambahkan bahwa program ini merupakan salah satu upaya LSP INNAS dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. “Kami berharap dengan adanya sertifikasi ini, para dosen dapat terus mengembangkan diri dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam bidang sosiologi,” kata Sumantri.
Sertifikasi ini meliputi beberapa aspek kompetensi, mulai dari penguasaan materi ajar hingga kemampuan dalam menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif. Setelah melalui berbagai tahapan uji kompetensi, para dosen yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara nasional.
Dosen yang mengikuti kegiatan ini mengaku sangat antusias dan merasa banyak mendapatkan pengetahuan baru yang dapat diimplementasikan dalam proses pengajaran. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para dosen, terutama dalam meningkatkan kompetensi kami di bidang pendidikan sosiologi. Kami juga semakin siap untuk menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang,” ungkap salah satu peserta, Bapak Muhammad Ilyas, M.A.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan Program Studi Pendidikan Sosiologi dapat terus menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja, serta dosen-dosen yang semakin profesional dan kompeten dalam bidangnya.
—