Menu Close

Pesan Dekan FKIP Tentang Covid-19 (Virus Corona)

Prof. Dr. H. A Wahab Jufri, M.Sc.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh dan Salam sejahtera untuk kita seluruh civitas akademika FKIP Universitas Mataram.

Tanpa terasa sudah berlalu dua minggu kita melaksanakan  tugas pokok dan fungsi sebagai dosen dengan tugas tambahan, sebagai dosen tenaga pengajar, sebagai tenaga kependidikan, sebagai mahasiswa, dan sebagai tenaga pendukung aktifitas akademik di kampus FKIP  dengan pola baru. Ya, dengan istilah baru, work from home, stay at home, kuliah daring, ujian proposal dengan WA group dan sejenisnya.  Semua hal ini berawal dari adanya penularan penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona sehingga penyakitnya disebut dengan Coron Virus Desease (Covid-19).

Wabah Covid-19 sesungguhanya adalah satu bentuk kekuasan dan keagungan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Virus ini bahkan fenomena yang ditimbulkannya tidaklah terjadi dengan sendirinya, karena memang tidak adalah sesuatu yang kebetulan di alam semesta. Semuanya terjadi atas suatu skenario luar biasa yang dikendalikan sepenuhnya oleh oleh Zat Yang Maha Memiliki Alam Semesta ini. Apakah kita perlu berpikir mengapa dan untuk apa Allah Tuhan Yang Maha Kuasa menjadikan hampir semua manusia di pelosok bumi ini panik dan merasa takut tertular Covid-19?

Sesungguhnya Allah Yang Maha Kuasa berkehendak menunjukkan kekuasaan-Nya dan mengingatkan kita akan kekuasaan-Nya melalui makhluk-Nya yg berukuran sangat kecil, 150 nm yang kita sepakati namanya Virus Corona. Si nano virus penyebab Covid-19 telah meluluhlantakkan keangkuhan manusia di hampir semua belahan bumi. Event demi event yang telah direncanakan oleh manusia jauh hari sebelumnya hampir semuanya berubah, ditunda, bahkan dibatalkan.

Proses dan aktifitas mendidik dan mencerdaskan anak manusia yang telah kita rancang di kampus kita tercinta ini tidaklah terlepas dari ancaman Covid-19 ini. Sebagai orang-orang yang bergelut dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kita sebaiknya berusaha untuk mengambil hikmah dari fenomena ini agar lebih mampu memadukan keterampilan berpikir dan kekuatan berzikir. Semoga dengan keterampilan berpikir dan kekuatan zikir dapat memandu kita untuk terbebas dari ancaman Covid-19 ini.

Bapak dan ibu dosen marilah kita tetap beraktifitas dengan mengikuti panduan-panduan yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga resmi. Proses mendidik dan mencerdaskan peserta didik di kampus kita usahakan tetap berjalan dengan menggunakan media-media yang ada sesuai dengan kapasitas bapak dan ibu semuanya. Kepada adik-adik mahasiswa kami berharap agar mampu menyesuaikan diri, tanpa mengeluh, mengikuti arahan dan tuntunan bapak dan ibu dosen pengampu matakuliah tentu dengan pola yang disepakati. Bapak dan ibu para tenaga kependidikan diharapkan juga agar tetap berusaha melaksanakan tugas-tugas yang diembankan meskipun melaksanakannya dari rumah “work from home”.

Sehubungan dengan belum adanya kepastian kapan waktunya keadaan akan kembali seperti sebelumnya, maka atas nama seluruh jajaran pimpinan FKIP Unram kami berharap agar kita semuanya tetap sehat sembari berusaha melaksanakan tugas dan tangungjawab kita masing-masing.  Dalam melaksanakan tugas mulia tersebut kiranya kita semua tetap menjaga kestabilan emosi, tidak panik, menjaga kesehatan pribadi, menjaga kesehatan orang lain, menjaga jarak ketika berhadapan dengan orang lain (social/physical distancing), mengisolasi diri jika merasa mengalami gejala-gejala sakit, dan tentunya berikhtiar dan berdoa agar Allah SWT berkenan melindungi kita dari ancaman wabah penyakit Covid-19, dan ujian atau musibah jenis lainnya.

Hormat kami,

Mataram, 30 Maret 2020
Prof. Dr. H. A Wahab Jufri, M.Sc.
Dekan