Menu Close

Menyambut Tahun Akademik 2020/2021

Prof. Dr. H. A Wahab Jufri, M.Sc.

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, salam sehat dan sejahtera untuk kita semua.

Alhamdulillah, meskipun Pandemi Covid-19 dan seluruh dampaknya terhadap kehidupan bermasyarakat di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja kita belum juga berakhir, sampai saat ini kita tetap dalam keadaan sehat dan bahagia. Semoga kesehatan dan kebahagiaan yang kita nikmati saat ini menjadi pemicu nurani kita untuk terus menerus mentadabburri keagungan Allah Subhanahuwata’ala Tuhan Yang Maha Agung dan mensyukuri segala nikmatNya yang diturunkan kepada kita.

Bapak/ibu seluruh sivitas akademika FKIP Universitas Mataram yang berbahagia. Terimakasih atas jerih-payah bapak dan ibu telah melaksanakan tugas-tugas akademik semester Genap 2019/2020. Tanpa terasa sekarang kita semua sudah berkutat dengan tugas-tugas rutin semester Gasal tahun akademik 2020/2021. Kami pimpinan fakultas saat ini, tentu berharap semoga tugas mengelola perkuliahan, tugas melaksanakan penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang menjadi target kita tahun ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. InsyaAllah dengan semangat kerjasama dan pola komunikasi yang efektif disertai keikhlasan hati untuk berbakti pada bangsa dan negara, kita tentu akan dapat melalui semester ini dengan hasil baik. Baik untuk mahasiswa kita, baik untuk diri kita sendiri, dan baik pula untuk keluarga dan masyarakat sekitar kita.

Alhamdulillah, pada tahun akademik 2020/2021 ini FKIP Unram telah menerima sebanyak 1470 orang mahasiswa baru yang tersaring dari sekitar 7000an pendaftar melalui proses seleksi tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Tes Mandiri. Kepada seluruh mahasiswa baru FKIP Universitas Mataram tahun akademik 2020/2021 kami mengucapkan selamat bergabung dengan sivitas akademika FKIP Universitas Mataram. Kepada seluruh orangtua mahasiswa baru, kami juga mengucapkan selamat atas keberhasilan putera-puteri Anda melewati tantangan masuk ke jenjang Perguruan Tinggi.

Bapak/Ibu seluruh sivitas akademika FKIP Universitas Mataram yang berbahagia. Kedatangan mahasiswa baru kita tahun ini menjadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pengenalan Kehidupan Kampus yang kita laksanakan mungkin tidak bisa memberi bekal maksimal kepada para mahasiswa baru. Oleh karena itu, kami berharap kepada Bapak Ibu Dosen yang mengampu matakuliah di semester satu nantinya agar dapat lebih bersabar dan berhati-hati membantu, membimbing, memfasilitasi mahasiswa agar dapat beradaptasi dengan pola-pola perkuliahan di lingkungan fakultas kita. Adanya permasalahan-permasalahan terkait kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana penunjang perkuliahan hendaknya janganlah menjadi alasan untuk kita keluhkan. Jika salah satu media/fasilitas terkendala, maka pergunakanlah media atau fasilitas lain sebagai solusi yang bernilai positif untuk mahasiswa dan lembaga kita. Bagi para mahasiswa yang belajar dari rumah, tetaplah mengatur diri seperti selayaknya Anda mengikuti kuliah tatap muka di kelas. Bapak dan ibu dosen Anda akan berusaha memfasilitasi Anda belajar untuk menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta karakter yang Anda butuhkan pada tiap-tiap mata kuliah.

Bapak/ibu seluruh sivitas akademika FKIP Universitas Mataram yang berbahagia, marilah kita satukan tekad untuk mencapai tujuan yang sama yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengantarkan mahasiswa menjadi manusia Indonesia yang hebat dan mampu bersaing di level internasional.  Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, kami berharap agar semboyan “FKIP Mendidik dan Mencerdaskan” dapat menjadi penyemangat kita dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai bagian dari sivitas akademika FKIP Universitas Mataram. Bapak Ibu Dosen dan tenaga kependidikan di FKIP Universitas Mataram harus saling membantu dan bekerjasama mengantarkan mahasiswa berjuang menuntut ilmu, menambah pengetahuan, dan keterampilan, serta mematangkan sikap dan karakter yang dibutuhkan generasi muda untuk sukses dalam abad globalisasi dan era revolusi industri 4,0 saat ini dan saat yang akan datang.

Anak-anakku mahasiswa baru  dan orangtua mahasiswa baru FKIP Universitas Mataram di manapun berada. Usaha keras dari Bapak dan Ibu Dosen serta tenaga kependidikan di fakultas kita ini,  tentu tidaklah akan bermakna banyak tanpa usaha keras dari diri mahasiswa sendiri, apalagi tanpa  dukungan dari orangtua mahasiswa. Oleh karena itu kami mengajak seluruh mahasiswa dan semua orangtua atau wali mahasiswa, agar kita bekerjasama berjuang untuk menjadikan kampus tercinta ini sebagai tempat belajar, tempat menimba ilmu, dan pengalaman, sekaligus tempat beribadah, yang akan mengantarkan mahasiswa sebagai generasi muda bangsa ke gerbang kesuksesan hidup yang dicita-citakan.

Mataram, 8 September 2020

Dekan FKIP Universitas Mataram