Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram menggelar Pelatihan Manajemen PAUD dalam Peningkatan Profesional Guru PAUD di Kota Mataram pada hari Sabtu, tanggal 2 Agustus 2025 di PAUD Rinjani Unram. Kegiatan ini melibatkan guru-guru PAUD/TK se-Kota Mataram, dan menghadirkan empat orang pemateri dari FKIP Universitas Mataram, yaitu Dr. Fahruddin, M.Pd., Dr. Mansur Hakim, M.Pd., I Made Suwasa Astawa, M.Sn., dan Hasanuddin Chaer, M.Pd.

Dr. Fahruddin berharap kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan PAUD di Kota Mataram.
“Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat. Harapannya kegiatan ini dapat berdampak positif terhadap perkembangan PAUD karena PAUD ini ada untuk membina anak-anak sejak lahir hingga usia 6 tahun,” ujar Dr. Fahruddin.
Pendidikan Anak Usia Dini dirancang untuk mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sebagai dasar bagi anak untuk memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Dr. Mansur Hakim menjelaskan bahwa manajemen kelas PAUD penting dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial-emosional anak usia dini.
“Manajemen PAUD adalah seni menciptakan ruang pembelajaran yang mendukung semua aspek perkembangan anak dengan strategi yang tepat,” ujar Dr. Mansur dalam pemaparan materinya.
Pemateri ketiga, I Made Suawasa Astawa, M.Sn., menekankan pada pentingnya pengembangan kurikulum dan strategi pengelolaan kelas.
“Perkembangan anak usia dini sangat cepat dan signifikan dalam berbagai aspek, baik moral-agama, fisik-motorik, sosial-emosional, kognitif dan bahasa. Oleh karena itu, penting untuk terus mengembangkan kurikulum dan strategi pengelolaan kelas yang kreatif dan kondusif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu anak mencapai perkembangan yang optimal,” tuturnya.
Sementara itu, Hasanuddin Chaer menyampaikan pentingnya kompetensi guru PAUD dalam mengajar dan merawat anak usia dini secara efektif.
“Mengajar dan merawat anak usia dini memerlukan kompetensi guru PAUD yang mencakup kemampuan dan pengetahuan yang dimulai dari pengembangan anak usia dini, perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dengan anak, kerja sama dengan orang tua, pengembangan kurikulum, dan penggunaan teknologi,” jelasnya.

