Visi Program Studi
Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini bercirikan ethnoparenting berbasis riset dan berwawasan global.
Misi Program Studi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan calon guru, wirausahawan, dan pengasuh anak usia dini yang berkompeten pada aspek kompetensi kepribadian, sosial, profesional, pedagogik.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi calon guru, wirausahawan, dan pengasuh anak usia dini yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai, dan pengevaluasi.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan lulusan untuk merancang, mengembangkan dan menggunakan perangkat pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Alat Permainan Edukatif (APE), dan Rencana/Alat Evaluasi).
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang efektif, efisien, dan bersifat mendidik, terbuka, objektif, akuntabel, dan berkelanjutan.
- Menyelenggarakan penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas dan relevan dengan permasalahan pada delapan standar nasional (8 SNP) PAUD dan lembaga-lembaga terkait.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan pengembangan iptek dari hasil penelitian ilmiah.
Tujuan Program Studi
- Menghasilkan calon pendidik dan peneliti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang kompeten dan profesional.
- Menghasilkan calon pendidik dan pengajar yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai, serta pengevaluasi, berdasarkan hasil penelitian ilmiah.
- Menghasilkan calon pendidik dan peneliti PAUD yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang menopang kegiatan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
- Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian ilmiah yang relevan dengan permasalahan, kebutuhan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS).
- Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan hasil penelitian ilmiah, sesuai kebutuhan masyarakat.
Strategi Program Studi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi guru, dan kompetensi peneliti PAUD yang handal dan profesional.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, bimbingan dan latihan, serta praktek keterampilan untuk mengembangkan kemampuan calon guru melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai, serta pengevaluasi, berdasarkan hasil penelitian ilmiah di lembaga PAUD, keluarga, dan masyarakat.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tentang metodologi penelitian ilmiah, perencanaan penelitian, kegiatan penelitian, dan pelaporan hasil penelitian dalam bentuk jurnal yang menyangkut tentang pengembangan materi ajar, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, asesmen pembelajaran, dan pengembangan kualitas pembelajaran berkelanjutan.
- Mengembangkan klinik penelitian (untuk dosen, alumni, dan mahasiswa). Memberikan insentif dana dalam penelitian dosen dan mahasiswa yang dilaksanakan secara kolaboratif-integratif. Memberikan kesempatan kepada alumni dan mahasiswa untuk melakukan penelitian bersama sebagai implementasi dari program kerjasama antar lembaga. Mewajibkan kepada setiap peneliti (dosen, alumni, dan mahasiswa) untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal nasional terakreditasi, internasional, dan internasional bereputasi.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian sebagai hasil penelitian ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat, baik atas dasar inisiatif sendiri maupun kerjasama antar lembaga, yang dapat meningkatkan kualitas layanan perguruan tinggi terhadap kebutuhan masyarakat.