Menu Close

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa atas limpahan rahmat , taufik, dan hidayah-Nya yang masih memberikan kita nikmat dan kesempatan untuk terus membangun negeri kita tercinta Indonesia melalui pendidikan yang bermutu dan relevan dengan era berbasis digital.  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram sudah memulai jejaknya sejak tanggal 31 Desember 1980 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 326/D2.3/M/80. Dalam usia ke 39 tahun, FKIP Universitas Mataram telah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang senantiasa ikut berkontribusi dalam memajukan pendidikan dalam kancah nasional maupun internasional. 

Perkembangan teknologi digital yang kian pesat menjadikan penyebaran informasi kian cepat dan tak terbatas. Penggunaan aplikasi berbasis digital sudah menjadi kebutuhan hidup sehari hari. Zaman kini sudah mulai beralih menuju perkembangan Era Industri 4.0 dimana akan banyak peluang dan tantangan yang bermunculan, menuntut kaum akademis untuk selalu cermat dan sigap dalam menghadapi perubahan sistem yang kian modern dan cenderung berbasis digital.

Revolusi industri 4.0 yang sedang hangat diperbincangkan saat ini ditandai dengan perkembangan big data dan artificial intelligence (kecerdasan buatan), di antaranya advanced analytics sebesar 81%, Internet of Things sebesar 48%, dan digital security sebesar 43%. Dalam lingkup akademis, penyajian informasi berbasis online dapat mengembangkan tingkat produktivitas civitas akademika demi tercapainya tingkat pelayanan mutu pendidikan dan kelancaran kegiatan akademik yang lebih baik. Tentunya ini akan lebih memudahkan civitas akademika dalam mengakses segala informasi dan kebutuhan akan pelayanan akademik.

Segenap civitas akademika FKIP Unram yang notabennya sebagai tenaga pendidik senntiasa terus meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan kurikulum yang berlaku. Optimalisasi kegiatan belajar mengajar baik dalam lingkup fakultas maupun antar fakultas, berbagai kegiatan penelitian, penerbitan jurnal baik nasional maupun internasional, serta kegiatan pengabdian untuk masyarakat senantiasa digalakan untuk memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam menghadapi Era Revolusi 4.0 ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Mataram senantiasa berbenah demi kelancaran arus informasi yang lebih faktual dan efektif. Adanya website FKIP Universitas Mataram sebagai media penyalur informasi diharapkan dapat mengedukasi masyarakat luas untuk lebih paham mengenai kondisi dan dinamika dunia pendidikan Indonesia.

Demikian kiranya sekilas sambutan ini, saya selaku Dekan FKIP Universitas Mataram mewakili segenap civitas akademika menyampaikan bakti kami untuk senantiasa berjuang meningkatkan mutu pendidikan dan tenaga pendidik sehingga bisa memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

Terima kasih.