Menu Close

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

SEJARAH PENDIRIAN

Secara de facto, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram mulai beroperasi sejak tahun 1981, dan secara yuridis diakui pada tanggal 7 September 1982 dengan dikeluarkannya Kepres RI No.63 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas Mataram, dimana FKIP termasuk salah satu fakultas yang ada di Unram..

Kehadiran FKIP dalam rangka mengembangkan lembaga kependidikn yang diharapkan mampu mencetak tenaga-tenaga kependidikan/guru yang memiliki kompetensi profesional, personal, kemasyarakatan yang tangguh dan memiliki rasa tanggung jawab serta rasa pengabdian yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Salah satu program studi yang dikembangkan di FKIP adalah Program Studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan yang kemudian berubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Secara yuridis program studi ini diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 49/Dikti/Kep/1984. Program studi ini di bawah payung Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Unram yang dikelola oleh seorang Ketua Jurusan merangkap Ketua Program Studi, Sekretaris Jurusan dan dibantu oleh seorang tenaga administrasi.