Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita semua

Era globalisasi dan pasar bebas telah memaksa setiap komponen bangsa untuk mampu beradaptasi dengan mempersiapkan kompetensi secara lebih baik sesuai standar kompetensi nasional dan internasional. Lembaga pendidikan dituntut dapat menjadi wadah pendidikan dan pelatihan manusia dengan pengetahuan, karakter, keterampilan dan kompetensi agar dapat berdayaguna dan berdaya saing tinggi di dalam perubahan zaman yang sangat drastis. Kehadiran Program Studi Magister Pendidikan (PSMP) Bahasa Inggris Universitas Mataram bertujuan untuk mempersiapkan SDM di bidang Pendidikan Bahasa Inggris sesuai standar internasional agar dapat bersaing secara internasional.

PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram dengan konsentrasi kajian pada bidang kebahasaan, pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris secara berkesinambungan erat kaitannya dengan pengembangan bidang ilmu sebidang di berbagai perguruan tinggi. Pada bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris, program studi ini memberikan kompetensi teoretis dan praktis tentang pembuatan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran secara aktif, efektif, inspiratif, inovatif dan menyenangkan. Program pendidikan seperti ini telah dan tengah berkembang di Macquarie University, Deakin University, Monash University (Australia), Massachussetts State University (USA), dan Lancaster University (UK). Bedanya adalah PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram secara khusus memperhatikan kebutuhan dan kondisi lingkungan peserta didik di kawasan Nusa Tenggara. Bekerjasama dengan TESOL Asia dan Asia TEFL, PSMP Bahasa Inggris menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan standar internasional dan ijazah diakui oleh TESOL Asia dan Asia TEFL serta perguruan tinggi internasional yang bekerja dengan kedua lembaga tersebut.

Dengan sebaran mata kuliah yang dirancang dalam kurikulum sesuai kebutuhan yang berprospek ke masa depan dan mengutamakan kualitas (quality first) serta mengajar kualitas utama (first quality), lulusan PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram mampu bersaing dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dan studi lanjut ke jenjang S3 (program doktor) di dalam dan luar negeri.

Kami memliki beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di program studi magister pendidikan bahasa inggris. Berikut ini adalah sebaran mata kuliah berdasarkan rekonstruksi kurikulum program studi magister pendidikan bahasa inggris tahun 2015.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023
dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret – 27 Mei 2022 dan dapat diakses melalui laman pasca.pmb.unram.ac.id

Jadwal Pendaftaran

  1. Pendaftaran — 1 Maret – 27 Mei 2022
  2. Ujian CBT dan Wawancara — 4 Juni 2022
  3. Ujian TOEFL (Placement) — 5 Juni 2022
  4. Pengumuman —14 Juni 2022
  5. Daftar Ulang Bagi Pendaftar yang Lulus (14 – 21 Juni 2022)
  6. Matrikulasi dan Orientasi ( – )

Persyaratan Akademik

  1. Bagi pelamar Program Magister (S2) memiliki Ijazah Sarjana (S1) dari PTN atau PTS terakreditasi dan atau prodi yang terakreditasi serta memiliki IPK Minimal 2,75
  2. Bagi pelamar Program Doktor (S3) memiliki Ijazah Sarjana S1 dan S2 dari PTN atau PTS terakreditasi yang serumpun dengan jurusan S3 yang akan dimasuki serta memiliki IPK minimal 3.00.
  3. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang akan dinilai melalui tes TOEFL oleh Pusat Bahasa Unram. Pelamar yang sudah memiliki nilai TOEFL >= 400 akan lebih diutamakan.
  4. Mengikuti seleksi masuk yang diselenggarakan oleh UNRAM meliputi: Tes Akademik, Tes TOEFL dan wawancara.
  5. Bukan mahasiswa DO (drop out)

Prosedur Pendaftaran

  1. Persiapan: Calon mahasiswa menyiapkan File/Scan asli ijazah dan transkrip nilai S1 bagi pelamar Program Magister (S2) dan File/scan ijazah dan transkrip nilai S2 bagi pelamar Program Doktor (S3).
  2. Registrasi Online: Silakan melakukan registrasi pada laman pasca.pmb.unram.ac.id dengan menggunakan Email Aktif dan nama lengkap serta password.
  3. Verifikasi Email: Setelah mengisi nama, email dan password. Periksa kotak masuk email anda dan tekan verifikasi sampai di alihkan ke laman sukses verifikasi email.
  4. Login dan Lengkapi Data Diri: Lakukan login dengan email dan password yang telah anda daftarkan. Kemudian isi biodata lengkap pada halaman peserta.
  5. Isi Prodi Asal dan Tujuan: Setelah melengkapi data diri, anda akan diminta mengisi informasi prodi asal dan tujuan serta mengunggah berkas transkrip dan ijazah.
  6. Bayar Pendaftaran: Setelah melengkapi prodi tujuan, silakan melakukan pembayaran dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) sesuai bank yang telah dipilih dalam situs.Rincian nominal biaya pendaftaran (tes masuk) sebagai berikut:
    1. Program Doktor: Rp 1.000.000
    2. Program Magister: Rp 800.000
  7. Verifikasi Data: Setelah anda mengisi semua data, panitia akan memverifikasi keseluruhan informasi yang anda berikan. Anda akan mendapatkan pemberitahuan via email jika proses verifikasi selesai.
  8. Cetak Kartu Peserta: Setelah berhasil di verifikasi, anda akan mendapatkan tombol untuk mencetak kartu peserta anda. Cetak dan anda siap mengikuti ujian.
Apply Now