Menu Close

Menyasar Internal, Webinar FKIP Sukses Menggaet Peserta dari Luar Unram

Mataram, 30 Juni 2020—Tetap mendukung dan mendampingi para dosen dalam mengembangkan karir, FKIP Universitas Mataram menggelar Webinar Pengembangan Karir Dosen Pasca Pemberlakuan PO PAK 2019.

Dimoderatori langsung oleh Dekan FKIP Universitas Mataram, Prof. Dr. A Wahab Jufri, M.Sc, webinar kali ini mengusung tiga narasumber yang sangat kompeten dalam bidang Penilaian Angka Kredit, yaitu Direktur SDM Ditjen Dikti Kemendikbud Dr. Muhammad Sofwan Effendi, M.Ed., Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Akademik Dosen Dikti Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Si, serta Reviewer Internal FKIP Universitas Mataram Prof. Dr. Mahsun, MS. Webinar berlangsung selama kurang lebih 3,5 jam melalui applikasi Zoom, yang digandeng juga dengan penyiaran langsung melalui kanal Youtube Official FKIP Unram.

Dimulai tepat pukul 9.00 WITA, webinar diawali dengan sambutan singkat dari Rektor Universitas Mataram, Prof. Dr. H. Lalu Husni, M.Hum, yang kemudian dilanjutkan langsung oleh materi dari Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Si., mengenai strategi pengusulan kenaikan jabatan akademik dan pangkat dosen berdasarkan pedoman operasional penilaian angka kredit tahun 2019. Sepanjang pemaparan materi di sesi ini, para peserta dipersilahkan untuk menuangkan pertanyaan-pertanyaan melalui fitur Q&A/ chat yang terdapat pada aplikasi zoom, dan juga fitur live chat untuk peserta yang memantau webinar melalui Youtube. Pertanyaan yang masuk kemudian disaring oleh host untuk kemudian dibawakan pada sesi tanya jawab singkat di akhir sesi materi dari Prof. Syaiful Anwar.

Sesi kedua webinar menyasar materi mengenai Kebijakan Pengembangan Dosen oleh Dr. Muhammad Sofwan Effendi, M.Ed. Pada kesempatan ini, Bapak Direktur menyinggung mengenai beberapa cara yang ditempuh oleh Ditjen Dikti dalam memangkas proses dan mempercepat proses penilaian angka kredit dosen, yaitu dengan memperpendek jarak penilaian dan menambah jumlah reviewer. Sesi kedua lantas dilanjutkan dengan refleksi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh reviewer internal FKIP Unram, yang dibawakan oleh Prof. Dr. Mahsun, MS. Sesi ini disusul dengan sesi tanya jawab kedua yang menyasar pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang berasal dari perguruan tinggi lain maupun peserta dari internal FKIP Unram. Webinar kemudian ditutup sekitar pukul 12.30 WITA.

Kendati awalnya hanya menyasar dosen-dosen di ruang lingkup internal FKIP dan beberapa fakultas lain di Unram saja, webinar kali ini sukses menggaet lebih dari 500 peserta dari perguruan tinggi lain di beberapa penjuru Indonesia. Dari 590 peserta yang telah mendaftar pada hari sebelumnya, tercatat beberapa rekan dosen yang berasal dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Timur. Membludaknya jumlah peserta tidak menimbulkan masalah berarti karena peserta yang tidak dapat mengikuti webinar melalui aplikasi zoom karena keterbatasan jumlah peserta dan koneksi internet tetap difasilitasi oleh siaran langsung di Youtube.

Antusiasnya peserta pada webinar kali ini memang tidak luput dari topik yang dibawakan, yakni mengenai Prosedur Operasional Penilaian Angka Kredit untuk jabatan akademik dan pangkat dosen. Kendati merupakan aspek yang penting dalam pengembangan diri dan mutu dosen, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak dosen masih merasa kurang familiar dengan sistem Penilaian Angka Kredit itu sendiri—yang akhirnya kerap berujung pada lemahnya semangat para dosen untuk mengembangkan karirnya. FKIP Universitas Mataram, dalam semangatnya mendorong pengembangan karir para dosennya, akhirnya memprakarsai penyelenggaraan webinar ini sebagai sebuah bentuk pendampingan.

Adapun bagi rekan dosen yang belum berkesempatan mengikuti webinar secara langsung pada Selasa, 30 Juni 2020 kemarin, siaran lengkap Webinar Pengembangan Karir Dosen Pasca Pemberlakuan PO PAK 2019 tetap dapat disaksikan di channel Youtube Official FKIP Unram. (TQT)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *