Mataram (28/03/2022) – FKIP bersama INOVASI mengadakan kegiatan pemantauan bersama implementasi program INOVASI NTB di ruang sidang Senat FKIP Universitas Mataram. Dihadiri oleh Kedutaan besar pemerintah Australia di Jakarta, Kementerian Dikbudristek, wakil gubernur provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Sekda, beserta stakeholder yang terlibat pada program INOVASI ini. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari kedutaan besar pemerintah australia yang mana merupakan pengusung kegiatan dari INOVASI dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua INOVASI yaitu bapak Mark Heyward. Beliau sangat berharap bahwa kerjasama yang dilakukan dengan stakeholder terutama pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat bisa terus terjalin dan bisa beriring bersama untuk memajukan pendidikan yang ada di Nusa Tenggara Barat pada khususnya. “Seperti yang diketahui bahwa peringkat Nusa Tenggara Barat masih di kategori bawah dibandingkan dengan provinsi-provinsi yang lain, sehingga program INOVASI ini akan menjadi tonggak semangat kita untuk meningkatkan mutu pendidikan kita”, kata Sekda NTB H Lalu Gita Ariyadi. Pada kesempatan itu juga, Sekda NTB menyampaikan pula bahwa program dari NTB Gemilang memiliki visi yang sama yaitu menciptakan sumber daya manusia NTB yang cerdas dan sehat. Artinya program-program yang diikhtiarkan bersama tentunya tidak berjalan sendiri namun berjalan bersama-sama saling mendunkung demi NTB yang gemilang.

Kementerian Dikbudristek yang diwakili oleh Bapak Anindito Aditomo juga mengomentari tentang permasalahan pendidikan kita yang ada di Indonesia pada umumnya, bahwa selama ini Indonesia telah sering mengikuti asesmen yaang dilakukan oleh PISA. “Hasilnya memang kita selalu rendah” ungkap Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Anindito Aditomo kemarin (28/3). Oleh karena itu, melalui program Asesmen Nasional pemerintah pusat berharap terdapat evaluasi terhadap peningkatan mutu pendidikan kita di Indonesia dan akan menjadi data yang terukur untuk menilai kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan pendidikan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan rektor Universitas Mataram yang diwakilkan oleh Bapak Dekan FKIP Universitas Mataram, Prof. Dr. A Wahab Jufri. FKIP Universitas Mataram juga memiliki peran penting pada kemajuan pendidikan yang ada di Nusa Tenggara Barat. Karena FKIP menjadi penghasil calon tenaga pendidik yang akan mendidik penerus masa depan bangsa. “FKIP juga berkomitmen menjadi inkubator pendidikan di Nusa tenggara Barat dengan menghasilkan para calon pendidik yang mendidik dan mencerdaskan”, ungkap Prof. Wahab. Akhirnya kegiatan dilanjutkan dengan FGD di masing-masing kelompok yang membahas terkait beberapa program INOVASI. (FF)

Berita lainnya