Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram mengadakan yusium periode bulan Juni tahun 2022. Pelaksanaan yudisium bulan Juni ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2022 bertempat di Gedung DOM Universitas Mataram. Banyak yang spesial pada yudisium periode ini, yaitu tercatat sebagai yudisium dengan lulusan predikat Cum Laude (Dengan Pujian) terbanyak sampai saat ini dan yudisium FKIP periode Juni ini adalah yudisium dengan lulusan terbanyak.

Pada yudisium bulan Juni 2022 ini, dihadiri secara lengkap oleh Pejabat di Lingkungan FKIP, yaitu seluruh unsur Dekanat, Ketua Jurusan, Kaprodi dan tentunya mahasiswa. Dalam kesempatan ini, pejabat Dekanat yang hadir adalah Dekan FKIP UNRAM Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Gunawan, M.Pd., dan Wakil Dekan Bagian Umum dan Keuangan, Dr. Sukardi, M.Pd. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Gito Hadiprayitno, M.Si. Semua Ketua Jurusan dan Kaprodi di Lingkungan FKIP UNRAM dapat menghadiri acara yudisium periode Juni 2022.

Yudisium periode Juni 2022 ini adalah yudisium pertama setelah sekian lama dilaksanakan secara tatap muka langsung semenjak pandemi Covid-19. Seluruh peserta hadir dalam satu ruang, bersama merayakan keberhasilan menyelesaikan studi di FKIP Universitas Mataram. Pada periode kali ini tercatat jumlah mahasiswa yang mengikuti yudisium adalah 292 mahasiswa yang terdiri dari 3 mahasiswa lulusan pascasarjana S2 dan 289 mahasiswa lulusan sarjana S1. Karena Indonesia masih menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 di ruang tertutup, maka pelaksanaan yudisium Juni 2022 ini pun masih memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan.

Pada Yudisium Periode Juni 2022 ini sedikit berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan yudisium-yudisium sebelumnya. Selain dilaksanakan pada tempat yang lebih luas dikarenakan jumlah peserta yang banyak, pelaksanaan yudisium kali ini juga dihadiri oleh Wakil Direktur 1 Pascasarjana Universitas Mataram, Prof. Dr. Ir. A. Farid Hemon, M.Sc. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan oleh pembacaan SK oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Gunawan, M.Pd. Pada pembacaan SK, diputuskan untuk tidak menyebutkan seluruh nama peserta, diwakilkan oleh peserta-peserta nomor teratas, karena banyaknya peserta dan akan ada penyampaian penyuluhan oleh Wakil Direktur 1 Pascasarjana Universitas Mataram di akhir acara.

Setiap yudisium akan disampaikan mahasiswa-mahasiswa lulusan terbaik pada periode tersebut. Berdasarkan SK Dekan Nomor 2783/UN18.F5/HK/2012 tentang daftar lulusan periode Juni 2022 tercatat 48 mahasiswa dinyatakan lulus dengan pujian (Cum Laude). Dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, terdapat 2 mahasiswa dengan predikat cum laude, dari Prodi Bahasa Inggris terdapat 9 lulusan predikat cum laude, Prodi Pendidikan Biologi ada 1 mahasiswa dengan predikat cum laude, Program Studi Pendidikan Kimia diwakili oleh 1 lulusan cum laude, Program Studi Pendidikan Sosiologi dengan 1 lulusan cum laude, Program Studi PPKn terdapat 2 lulusan dengan predikat cum laude, Program Studi PG PAUD dengan 6 lulusan predikat cumlaude, dan 26 lulusan predikat cuml laude dari Program Studi PGSD tercatat sebagai prodi dengan lulusan cum laude terbanyak pada periode ini. 227 mahasiswa lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan 17 mahasiswa lulus dengan predikat Memuaskan.

Dekan FKIP UNRAM Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc. mengukuhkan 292 mahasiswa lulusan FKIP periode Juni 2022, yang selanjutnya bergabung bersama puluhan ribu alumni FKIP yang telah terjun dalam berbagai bidang di masyarakat. Dalam sambutannya terdapat beberapa poin yang disampaikan oleh Dekan FKIP UNRAM. Pertama, beliau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus pada periode Juni 2022 ini. Kedua, beliau menyampaikan apresiasi terkait peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan FKIP UNRAM, baik dari segi waktu belajar dan predikat lulusan yang meningkat pesar dibandingkan dengan periode sebelumnya. Ketiga, beliau berpesan kepada semua lulusan bahwa mereka telah menuntaskan seluruh hak dan kewajiban mereka di bangku kuliah, selanjutnya setiap lulusan harus berkontribusi untuk menjadi manusia yang mendidik dan mencerdaskan di berbagai bidang sesuai dengan Visi dan Misi FKIP UNRAM. Beliau berpersan untuk tetap menjaga nama baik almamater dimanapun nanti para lulusan dari FKIP akan bekerja. Beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dalam pelaksanaan pendidikan di lingkungan FKIP sehingga bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing dan berkontribusi positif di masyarakat. Terakhir, beliau berpesan kepada lulusan untuk tetap menjalin hubungan dengan Kampus FKIP UNRAM, karena suatu saat nanti kampus akan membutuhkan bantuan setiap lulusan untuk mengisi survei dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pengadaan pelayanan pendidikan di FKIP UNRAM.

Pada kesempatan yudisium periode Juni 2022 ini, lulusan terbaik FKIP Universitas Mataram diberikan pada lulusan Program Studi PG PAUD atas nama Ni Luh Tania Putri Wijaya, S.Pd., dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3.97. Dalam pesan dan kesannya, Ni Luh Tania Putri Wijaya, S.Pd. menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantunya berjuang hingga lulus, Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kedua Orang Tua dan seluruh Dosen yang telah mengantarkannya sampai pada posisi yang Ia banggakan.

Sebagai penutup, kami ingin menyampaikan beberapa pesan kepada lulusan-lulusan FKIP UNRAM. Selamat telah menuntaskan satu periode hidup dan semoga bisa melanjutkan periode berikutnya dengan semangat untuk lebih berhasil. Seperti nasehat Ki Hajar Dewantara, “Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya”. Kami ucapkan terima kasih dan kami memohon maaf jika selama menempuh pendidikan di FKIP UNRAM, ada pelayanan-pelayanan yang masih belum maksimal dan kami meminta saran yang membangun untuk masa depan FKIP UNRAM yang lebih cemerlang. FKIP Universitas Mataram, Jaya!

Berita lainnya