Mewujudkan mahasiswa kreatif dan inovatif dalam berwirausaha merupakan sebuah tantangan yang terus berupaya dilakukan secara bertahap oleh Program Studi Pendidikan Biologi. Upaya awal dilakukan dengan menginisiasi program pelatihan dan pendampingan kewirasusahaan bagi mahasiswa. Kegiatan pelatihan dan pendampingan yang bertempat di Aula Sidang Senat Lt. 3 Gedung A FKIP Universitas Mataram ini bertujuan untuk memberikan kompetensi lain diluar kompetensi akademik prodi. Tujuan lain yang ingin dicapai adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan bagaimana cara berwirausaha dengan memanfaatkan peluang yang ada, cara membangun network bisnis, perencanaan, monitoring dan evaluasi bisnis.

Sekitar 65 mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Mataram dari berbagai angkatan hadir dalam kegiatan tersebut. Beberapa dari mahasiswa tersebut sudah ada yang memiliki usaha dan beberapa yang lain masih belum memiliki usaha tapi sangat tertarik untuk berwirausaha.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan tersebut dibuka pada hari Senin 27 Juni 2022 oleh Wakil Dekan III FKIP Universitas Mataram Bapak Prof. Dr. Gito Hadiprayitno, M.Si didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Bapak Dr. Didik Santoso, M.Sc, dengan menghadirkan beberapa narasumber yakni Ibu Hj. Baiq Diah Ratu Ganefi, SH (Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia/IWAPI Provinsi Nusa Tenggara Barat), Bapak Dr. AA Sukarso, M.Si (Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unram) dan Ibu dr. Hj. Rita Siswati (Wakil Ketua IWAPI Provinsi Nusa Tenggara Barat). Pada kegiatan ini Ibu Hj. Baiq Diah Ratu Ganefi, SH menyampaikan bahwa dalam melakukan usaha, tidak hanya cukup dengan modal dan niat, tetapi harus juga dibarengi dengan perencanaan dan evaluasi yang baik. Bapak Dr. AA Sukarso, M.Si menyampaikan tentang bagaimana mahasiswa mampu mengimplementasi bidang ilmunya yakni ilmu biologi dalam kewirausahaan yang akan dilakukan. Sedangkan dr. Hj. Rita Siswati melakukan sharing pengalaman beliau dalam berwirausaha.

Setelah acara pembukaan, kegiatan pelatihan dan pendampingan akan dilanjutkan sampai tanggal 21 Juli 2022 (9 kali pertemuan). Kegiatan lanjutan ini direncanakan dilakukan seminggu dua kali dengan materi: manajemen keuangan, branding dan public speaking, presentasi rencana usaha mahasiswa, pendampingan usaha dan monitoring evaluasi. Seluruh kegiatan dilakukan dengan pendampingan sepenuhnya dari IWAPI NTB.

Berita lainnya