Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) menggelar kegiatan akademik bertajuk “Multilingual Perspective in English Language Learning”, dengan menghadirkan narasumber utama Prof. Ashadi, M.Hum., Ed.D dari Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini menyoroti pentingnya pendekatan multibahasa dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, di mana bahasa dilihat bukan sekadar sebagai objek hafalan, melainkan sebagai alat berpikir dan membentuk identitas.

Dalam pemaparannya, Prof. Ashadi menekankan pentingnya praktik translanguaging dalam kelas Bahasa Inggris. Ia menjelaskan bahwa membiarkan mahasiswa menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa daerah secara strategis dapat meningkatkan pemahaman, kreativitas, dan rasa percaya diri mereka dalam menggunakan Bahasa Inggris. Dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram menyambut positif pendekatan ini, yang telah mulai diterapkan dalam proses pembelajaran untuk menjembatani teori dan praktik secara lebih bermakna.
Lebih dari sekadar strategi pedagogis, Prof. Ashadi juga mengajak peserta untuk melihat bahasa sebagai kekuatan sosial dan kultural. Ia menekankan bahwa translanguaging bukan hanya soal metode, tetapi juga bentuk keberpihakan terhadap keragaman bahasa dan budaya lokal. Kegiatan ini memperkuat komitmen FKIP Unram dalam menciptakan pendidikan Bahasa Inggris yang inklusif, relevan, dan berakar pada konteks lokal, sambil tetap membuka wawasan global bagi para mahasiswa.

