
Sebagai bagian dari komitmen internasionalisasi dan penguatan inovasi akademik, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram menjalin kolaborasi strategis dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia dalam bidang riset dan pengajaran, khususnya terkait pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan.
Kolaborasi ini menghadirkan Dr. Dewi Satria Elmiana, M.Pd., salah satu dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram, sebagai narasumber dalam kegiatan bertajuk Research and Teaching Collaboration. Dalam sesi pemaparan ilmiahnya, Dr. Dewi menjelaskan berbagai pendekatan integratif yang dapat digunakan dalam mengoptimalkan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris, termasuk pemanfaatan ChatGPT, Grammarly, dan platform adaptive learning lainnya.
“AI harus diposisikan sebagai mitra pendidik, bukan sebagai pengganti. Kuncinya adalah bagaimana kita membangun literasi teknologi yang etis dan kontekstual agar proses pembelajaran tetap berpusat pada peserta didik,” ungkap Dr. Dewi.
Kegiatan ini mendapat respons positif dari sivitas akademika kedua institusi. Dialog ilmiah yang terjalin membuka peluang pengembangan lebih lanjut dalam bentuk penelitian kolaboratif, pertukaran dosen, dan pengembangan kurikulum berbasis teknologi yang selaras dengan tantangan abad ke-21.

Kolaborasi ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Dengan semangat kemitraan lintas negara, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram berkomitmen untuk terus menjadi pelopor transformasi pendidikan yang inovatif, inklusif, dan berkelanjutan.
#AIinEducation #SDG4 #SDG17 #FKIPUnram #PendidikanBahasaInggris #UiTM #KolaborasiInternasional #DigitalLearning #TransformasiPendidikan #EdTech #KampusMerdeka #UnramUnggul


