Visi Program Studi

Mengembangkan pendidikan dasar berbasis riset ke-SD-an bercirikan kearifan lokal dan berdaya saing internasional.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan pendidik, peneliti, dan edupreneurship PGSD yang melampaui SN-Dikti menuju daya saing internasional;
  2. Menghasilkan produk penelitian yang relevan bagi pemecahan permasalahan pendidikan dasar serta terpublikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional;
  3. Diseminasi hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat yang berdampak terhadap pemecahan masalah pendidikan dasar serta terpublikasi dalam jurnal ilmiah dan sejenisnya;
  4. Mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, khususnya di bidang kerja sama dan sistem tata kelola ilmu pendidikan dasar yang berstandar mutu nasional dan internasional;
  5. Menghasilkan riset berbasis ke-SD-an dan bercirikan kearifan lokal yang diintegrasikan dalam pendidikan dan pembelajaran PGSD.

Strategi Program Studi

  1. Mempromosikan serta mensosialisasikan prodi melalui berbagai metode dan multimedia kepada mahasiswa, stakeholder, sekolah, dan masyarakat yang memiliki kepentingan.
  2. Memberikan penguatan secara kontinyu status akreditasi prodi;
  3. Mensosialisasikan dokumen-dokumen Visi-Misi dan Kurikulum Program Studi kepada mahasiswa, dosen, stakeholder, dan tendik.
  4. Mengembangkan kurikulum berbasis KKNI/SN DIKTI/OBE;
  5. Menyediakan RPS-RTM dan Buku Ajar ber ISBN pada semua mata kuliah;
  6. Menggunakan pembelajaran berbasis kasus/project dan e-learning menggunakan spada.unram.ac.id dan penilaian pada sia.unram.ac.id;
  7. Melakukan kerjasama dengan semua pihak untuk mendukung keterlaksanaan tridharma PT di Prodi PGSD;
  8. Membuat sistem tata kelola Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang baik dan profesional berbasis ICT untuk mendukung pelaksanaan Tridharma PT.
  9. Melakukan evaluasi pembelajaran secara periodik dengan menggunakan kuesioner guna pengembangan kebijakan perbaikan pembelajaran yang berkesinambungan;
  10. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan bahasa asing dengan syarat lulus TOEFL 400
  11. Menjalankan program pertukaran mahasiswa pendidikan Guru Sekolah Dasar (MBKM-PMM);
  12. Mendorong publikasi ilmiah mahasiswa pada jurnal ilmiah nasional dan atau internasional;
  13. Melakukan tracer study keserapan alumni di pasar kerja, waktu tunggu, prestasi, dan tanggapan pengguna;
  14. Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam pembelajaran, pelatihan/workshop/ lokakarya/sejenisnya;
  15. Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah
  16. Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam pencapaian HKI dan Paten.
  17. Mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait kearifan lokal (kesenian, kesehatan, keagamaan) dalam bidang ke-SD-an.
  18. Mendorong dosen untuk membuat produk penelitian dan pengabdian yang mengkaji masalah kearifan lokal suku Sasak, Samawa, dan Mbojo.