Visi Program Studi
Mengembangkan pendidikan dasar berbasis riset ke-SD-an bercirikan kearifan lokal dan berdaya saing internasional.
Tujuan Program Studi
-
Menghasilkan pendidik, peneliti, dan edupreneurship PGSD yang melampaui SN-Dikti menuju daya saing internasional;
-
Menghasilkan produk penelitian yang relevan bagi pemecahan permasalahan pendidikan dasar serta terpublikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional;
-
Diseminasi hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat yang berdampak terhadap pemecahan masalah pendidikan dasar serta terpublikasi dalam jurnal ilmiah dan sejenisnya;
-
Mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, khususnya di bidang kerja sama dan sistem tata kelola ilmu pendidikan dasar yang berstandar mutu nasional dan internasional;
-
Menghasilkan riset berbasis ke-SD-an dan bercirikan kearifan lokal yang diintegrasikan dalam pendidikan dan pembelajaran PGSD.
Strategi Program Studi
-
Mempromosikan serta mensosialisasikan prodi melalui berbagai metode dan multimedia kepada mahasiswa, stakeholder, sekolah, dan masyarakat yang memiliki kepentingan.
-
Memberikan penguatan secara kontinyu status akreditasi prodi;
-
Mensosialisasikan dokumen-dokumen Visi-Misi dan Kurikulum Program Studi kepada mahasiswa, dosen, stakeholder, dan tendik.
-
Mengembangkan kurikulum berbasis KKNI/SN DIKTI/OBE;
-
Menyediakan RPS-RTM dan Buku Ajar ber ISBN pada semua mata kuliah;
-
Menggunakan pembelajaran berbasis kasus/project dan e-learning menggunakan spada.unram.ac.id dan penilaian pada sia.unram.ac.id;
-
Melakukan kerjasama dengan semua pihak untuk mendukung keterlaksanaan tridharma PT di Prodi PGSD;
-
Membuat sistem tata kelola Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang baik dan profesional berbasis ICT untuk mendukung pelaksanaan Tridharma PT.
-
Melakukan evaluasi pembelajaran secara periodik dengan menggunakan kuesioner guna pengembangan kebijakan perbaikan pembelajaran yang berkesinambungan;
-
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan bahasa asing dengan syarat lulus TOEFL 400
-
Menjalankan program pertukaran mahasiswa pendidikan Guru Sekolah Dasar (MBKM-PMM);
-
Mendorong publikasi ilmiah mahasiswa pada jurnal ilmiah nasional dan atau internasional;
-
Melakukan tracer study keserapan alumni di pasar kerja, waktu tunggu, prestasi, dan tanggapan pengguna;
-
Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam pembelajaran, pelatihan/workshop/ lokakarya/sejenisnya;
-
Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah
-
Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam pencapaian HKI dan Paten.
-
Mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait kearifan lokal (kesenian, kesehatan, keagamaan) dalam bidang ke-SD-an.
-
Mendorong dosen untuk membuat produk penelitian dan pengabdian yang mengkaji masalah kearifan lokal suku Sasak, Samawa, dan Mbojo.