Laporan Evaluasi Diri program studi PGSD, PPKN & Pendidikan Fisika FKIP UNRAM disusun sebagai upaya komprehensif dan berkelanjutan untuk memperoleh gambaran kinerja dan keadaan dirinya melalui pengkajian dan analisis mendalam mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Berdasarkan analisis tersebut diharapkan akan muncul strategi pengembangan yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan lebih lanjut. Proses evaluasi diri dilakukan secara internal oleh tim penyusun LKPS & LED yang ditunjuk oleh pimpinan FKIP UNRAM. Tim ini bekerja berdasarkan hasil pengumpulan data yang dilakukan oleh tim task force bekerjasama dengan dosen, tata usaha, mahasiswa dan stake holder’s yang analisisnya disajikan dalam laporan ini.
Kegiatan pendampingan pengisian LKPS dan penyusunan LED pada masing-masing prodi dilaksanakan dalam beberapa tahapan, antara lain:
Mengadakan rapat koordinasi
Kegiatan rapat koordinasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Maret 2020, pukul 10.00 WITA. Kegiatan rapat dilaksanakan di ruang Workshop FKIP, Gedung A lantai 2. Kegiatan rapat diikuti oleh semua tim GPMF yang terlibat dalam kegiatan pendampingan (Daftar hadir terlampir). Berdasarkan hasil rapat koordinasi ini, tim membagi diri dalam tim pendamping pada masing-masing prodi seperti berikut:
- Prodi Pendidikan Fisika (Prof. Dr. Ariffudin, M. Pd. & Dr. Jamaluddin, M. Pd.)
- Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Dr. A. A. Sukarso, M. Si. & Mohammad Archi Maulyda, S. Pd., M. Pd.)
- Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaan (Dr. Arjuddin, M. Si. & Edy Kurniawansyah)
Selain itu, hasil rapat juga menhasilkan timeline kegiatan pendampingan yang akan dilaksanakan. Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 minggu yakni per tanggal 8-19 Maret 2021.
Melaksanakan kegiatan pendampingan
Kegiatan pendampingan dilakukan menyesuaikan dengan jadwal masing-masing tim akreditasi di Prodi. Dalam hal ini, koordinasi akan dilakukan antara pendamping dengan Kaprodi yang program studinya akan re-akreditasi. Kegiatan pendampingan pertama dilaksanakan pada hari Senin, 8 Maret 2021 di program studi PGSD. Sedangkan pada prodi Pendidikan Fisika, pendampingan pertama kali dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Maret 2021. Untuk prodi PKN, pendampingan pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2021.
Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan di prodi PGSD, tim pendamping menyimpulkan masih banyak kekurangan pada pengisian LKPS, sehingga masing-masing standar masih kesulitan merumuskan LED. Masukan untuk tim akreditasi PGSD adalah merubah sistem kerja menjadi tim PGSD, bukan bekerja pada masing-masing standar. Bekerja pada masing-masing standar ini menyebabkan kesulitan pada perumusan LED yang saling berkaitan.
Untuk prodi Pendidikan Fisika, proses pengisian LKPS sudah cukup lengkap. Hal ini mempermudah proses perumusan LED, selain itu tim akreditasi Pendidikan Fisika sudah bekerja dalam 1 tim. Sehingga data-data pada masing-masing standar sudah singkron dan mudah untuk di deskripsikan pada LED.
Untuk Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, masalah utama ketika dilakukan pendampingan adalah keterbatasan data yang dimiliki. Hal ini dikarenakan persiapan Prodi masih kurang maksimal. Koordinasi antar tim juga masih belum terjalin secara sistematis, sehingga fokus utama pendampingan adalah pada persiapan data dan pengisian LKPS. Pendampingan belum sampai pada penyusunan LED. (AM)