Tim peneliti dari Universitas Mataram telah berhasil menemukan rahasia sukses di balik praktik lapangan mahasiswa guru di tingkat SMP dan SMA. Penelitian yang dipimpin oleh Syaiful Musaddat, S.Pd., M.Pd., Prof. Dr. H.A.Wahab Jufri, M.Sc., Drs. Mohammad Asyhar, M.Pd., Santi Farmasari, S.Pd., M.Ed.Tesol., Dr.Laila Hayati, S.Pd., M.Si., dan Aulia Dwi Amalina Wahab, M.Pd. ini telah mengungkapkan peran penting dari co-teachers dan supervisor dalam membantu mahasiswa guru mengembangkan alat pembelajaran.
Dalam penelitian yang dipublikasikan di SHS Web of Conferences, Vol. 182, para peneliti menemukan bahwa kolaborasi antara mahasiswa guru dengan co-teachers dan supervisor sangat mendukung kesuksesan dalam pengembangan kurikulum. Mulai dari mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, hingga Pendidikan Kewarganegaraan, penelitian ini melibatkan beragam spektrum jurusan guru.
Dengan menggunakan teknik sampling yang seru, tim peneliti berhasil mengambil sampel mahasiswa guru secara proporsional. Hasilnya sungguh memukau! Peran co-teachers dan supervisor dalam mengembangkan alat pembelajaran ternyata mampu meningkatkan tingkat keberhasilan hingga 51,7% untuk jurusan Bahasa Inggris, 48,7% untuk Matematika, dan luar biasa, mencapai 53,9% untuk Pendidikan Kewarganegaraan.
Penelitian ini tidak hanya sekedar temuan ilmiah biasa. Artikel ini juga merupakan hasil dari kontribusi penuh semangat dalam the 5th Annual Conference on Education and Social Sciences (ACcESS 2023) yang digelar oleh FKIP Universitas Mataram. Dengan penemuan ini, diharapkan dapat memberikan semangat baru dalam dunia pendidikan guru di tingkat SMP dan SMA, membawa warna baru dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan.
Semangat dan dedikasi para peneliti ini patut diacungi jempol. Mereka telah memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, terutama dalam membantu mahasiswa guru untuk meraih kesuksesan. Mari kita apresiasi karya mereka dan dukung terus penelitian-penelitian berikutnya demi kemajuan pendidikan di tanah air.
Dengan penemuan ini, diharapkan generasi guru masa depan akan semakin siap menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang. Kesuksesan mahasiswa guru bukan lagi sebuah rahasia, namun sebuah hasil dari kolaborasi yang baik antara mahasiswa, co-teachers, dan supervisor. Teruslah berinovasi dan bersemangat, karena dunia pendidikan membutuhkan para pemimpin masa depan yang siap memberikan yang terbaik untuk generasi mendatang. Selamat untuk tim peneliti Universitas Mataram atas kontribusi luar biasa ini!
Referensi:
Musaddat, S., Jufri, A. W., Asyhar, M., Farmasari, S., Hayati, L., & Wahab, A. D. A. (2024). Role of Co-Teachers and Supervisors of Learning Tools Development toward the Success of Field Practice Students of Professional Teachers at the Middle and High School Level. In SHS Web of Conferences (Vol. 182, p. 01010). EDP Sciences.
Link Artikel : https://www.shs-conferences.org/articles/shsconf/abs/2024/02/shsconf_access2024_01010/shsconf_access2024_01010.html