Jakarta, 28 Oktober 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) bersama Tim Akselerasi Literasi Numerasi Kabupaten Lombok Tengah (TALK) memperkenalkan aplikasi ASI ASLI (Asesmen Literasi Jenjang SD) pada pameran “Gerak Nyata Aksi Pemulihan Pembelajaran” di Kemendikbudristek, Jakarta. Aplikasi ini berhasil mencuri perhatian publik, terutama dalam memberikan solusi praktis bagi guru dalam mengukur kemampuan membaca siswa secara efisien.
Nur Hikmah Wijaya, Kepala Sekolah SDN Magunjaya 01 Bekasi, menyatakan kekagumannya terhadap ASI ASLI, yang dirancang untuk mengotomatisasi proses asesmen literasi. “Aplikasi ini memudahkan guru mengukur kemampuan baca siswa tanpa analisis manual yang memakan waktu,” ujar Nur Hikmah. Aplikasi ini dinilai sangat bermanfaat untuk mempermudah proses asesmen dan penyusunan strategi pembelajaran yang lebih terarah.
Lalu Hamdian, dosen FKIP Unram, menjelaskan bahwa ASI ASLI lahir dari kolaborasi antara FKIP Unram dan Dinas Pendidikan Lombok Tengah melalui Program Semua Anak CERDAS. "Kami melihat ASI ASLI sebagai bentuk nyata kontribusi FKIP Unram dalam peningkatan kualitas pendidikan di daerah, khususnya di bidang literasi dan numerasi,” ujar Hamdian. Program ini bertujuan untuk membantu guru mengatasi tantangan dalam asesmen literasi siswa SD dengan pendekatan digital yang praktis dan aksesibel.
ASI ASLI dapat diakses melalui tautan daring dan dilengkapi panduan yang memudahkan penggunaannya baik di komputer maupun perangkat seluler. FKIP Unram berharap inovasi ini dapat meningkatkan hasil literasi dan numerasi siswa di berbagai daerah di Indonesia, sejalan dengan komitmen FKIP Unram dalam mencetak tenaga pendidik berkualitas dan memajukan pendidikan nasional.(thor)