Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram kembali meraih pencapaian membanggakan dengan bertambahnya dua program studi yang memperoleh akreditasi “Unggul.” Pada tanggal 18 Desember 2024, Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) secara resmi menerbitkan Surat Keputusan (SK) akreditasi untuk Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan SK No. 1954/SK/LAMDIK/Ak/S/XII/2024, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berhasil meraih skor 372, sedangkan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan skor 367 melalui SK No. 1989/SK/LAMDIK/Ak/S/XII/2024.
Dengan bertambahnya dua program studi unggul ini, FKIP Universitas Mataram kini memiliki total 11 program studi berakreditasi unggul. Hal ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh fakultas. Dekan FKIP Universitas Mataram, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses akreditasi ini. “Capaian ini merupakan buah dari kerja keras seluruh civitas akademika FKIP, baik dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan. Ini juga menegaskan komitmen kami dalam memberikan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan zaman,” ujarnya.
Rektor Universitas Mataram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., turut memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas pencapaian ini. Beliau menegaskan bahwa keberhasilan ini diharapkan menjadi motivasi bagi FKIP untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan meraih pengakuan di tingkat internasional. FKIP Universitas Mataram juga berkomitmen untuk memperluas kerja sama dengan berbagai pihak serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global.
Ke depan, FKIP Universitas Mataram berharap seluruh program studi lainnya dapat menyusul dan meraih akreditasi unggul. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Mataram sebagai world-class university yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam penyediaan pendidikan berkualitas (SDGs 4). Dengan kerja sama yang solid, FKIP optimis dapat terus berkontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia.