Mataram, 10 November 2025 — Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram menyelenggarakan Workshop Evaluasi dan Rekonstruksi Kurikulum sebagai upaya penguatan dan penyempurnaan kurikulum berbasis kebutuhan pembelajaran abad 21. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 10 November 2025, bertempat di Aula Lantai 3 FKIP Universitas Mataram serta disiarkan secara daring melalui Zoom untuk memberikan akses lebih luas kepada peserta.
Kegiatan dimulai pukul 08.00 WITA dengan sesi registrasi peserta, baik yang hadir secara luring maupun daring. Pada pukul 08.30 WITA, acara resmi dibuka oleh Master of Ceremony melalui rangkaian pembukaan yang diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars FKIP. Suasana formal dan penuh antusiasme tampak terasa, menandai dimulainya rangkaian kegiatan evaluasi kurikulum yang penting bagi pengembangan mutu akademik PGSD.
Memasuki sesi berikutnya, Ketua Panitia, Dr. Siti Istiningsih, M.Pd., menyampaikan laporan kegiatan yang menyoroti pentingnya evaluasi kurikulum secara berkala untuk memastikan relevansi materi pembelajaran dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan dunia pendidikan. Kegiatan kemudian dibuka secara resmi oleh Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., selaku pimpinan fakultas. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa penyusunan kurikulum harus adaptif, responsif, dan tetap berlandaskan pada visi FKIP untuk mencetak calon guru yang kompeten, profesional, dan berkarakter.
Pada pukul 09.20 WITA, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Dr. Muhammad Makki, M.Pd., diikuti dengan sesi pemaparan materi utama oleh Prof. Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Pada sesi yang berlangsung hingga pukul 10.30 WITA tersebut, Prof. Margunayasa memaparkan struktur dokumen kurikulum PGSD, landasan filosofis dan teoritis, serta penyelarasan capaian pembelajaran dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kurikulum Merdeka Belajar.
Setelah sesi pemaparan, peserta mendapat kesempatan beristirahat sejenak dalam coffee break, sebelum melanjutkan kegiatan evaluasi draft kurikulum yang dipandu oleh Drs. I Made Sujana, M.A. pada pukul 10.40–11.10 WITA. Beliau mengajak peserta meninjau kembali substansi kurikulum, mulai dari struktur mata kuliah, beban SKS, hingga keterkaitan antarkompetensi. Kegiatan berlanjut dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Dr. Mohammad Archi Maulyda, S.Pd., M.Pd., yang memberikan ruang bagi seluruh peserta untuk menyampaikan masukan, kritik konstruktif, serta rekomendasi terkait penyempurnaan kurikulum PGSD.
Usai istirahat, sholat, dan makan (ISHOMA) pada pukul 12.00–13.30 WITA, kegiatan memasuki sesi inti yaitu evaluasi mendalam draft kurikulum yang dipimpin oleh Tim Pengarah bersama seluruh peserta workshop. Sesi yang berlangsung hingga pukul 15.45 WITA ini fokus pada rekonstruksi materi, penyesuaian capaian pembelajaran lulusan (CPL), serta penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan sekolah dasar berbasis literasi, numerasi, dan karakter. Antusiasme peserta tampak dari banyaknya usulan dan diskusi produktif yang muncul untuk menghasilkan kurikulum PGSD yang lebih komprehensif dan visioner.
Setelah ISHOMA kedua pada pukul 15.45–16.15 WITA, acara ditutup secara resmi pada pukul 16.30 WITA. Penutupan dilakukan dengan penyampaian rangkuman hasil kegiatan dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta, pembicara, dan panitia atas kontribusi aktif selama workshop berlangsung.
Workshop Evaluasi dan Rekonstruksi Kurikulum ini diharapkan mampu menghasilkan kurikulum PGSD Universitas Mataram yang lebih relevan, adaptif, dan selaras dengan tuntutan pendidikan masa depan. Kegiatan ini juga menjadi momentum penting bagi PGSD Unram untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikannya dalam mencetak calon guru sekolah dasar yang unggul dan berdaya saing.

