Pendidikan Sosiologi

Sejarah Pendidikan Sosiologi

Tanggal 19 Mei 2014 Unit Pengelola Program Studi Prodi Pendidikan Sosiologi mendapatkan mandat penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud berdasarkan surat Nomor 444/E.E2/DT/2014. Berdasarkan mandat tersebut, Rektor Universitas Mataram menerbitkan surat Nomor 6443/UN.18/KU/2014 pada Tanggal 28 Mei 2014 tentang kesediaan menerima dan melaksanakan mandat untuk menyelenggarakan Prodi Pendidikan Sosiologi.

Program Studi Pendidikan Sosiologi merupakan salah satu prodi yang berada di Jurusan PIPS FKIP UNRAM. Berada dibawah naungan jurusan pendidikan IPS bersama program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Prodi Pendidikan Sosiologi telah divisitasi oleh BANPT pada bulan Maret 2019 dan telah berhasil mendapatkan akreditasi B dari BANPT dengan No SK.535/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2019. Tahun SK 2019. Visi Program Studi Pendidikan Sosiologi Menjadi Program studi yang unggul dalam pendidikan dan pembelajaran sosiologi berbasis riset berdaya saing internasional Tahun 2025.

Nomor Ijin Operasional

Prodi Pendidikan Sosiologi mendapatkan mandat penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud berdasarkan surat Nomor 444/E.E2/DT/2014 pada Tanggal 19 Mei 2014. Berdasarkan mandat tersebut, Rektor Universitas Mataram menerbitkan surat Nomor 6443/UN.18/KU/2014 pada Tanggal 28 Mei 2014 tentang kesediaan menerima dan melaksanakan mandat.

Nilai Akreditasi

Saat ini program studi pendidikan sosiologi sudah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT dengan nomor 535/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2019. SK ini berlaku hingga 26 Maret 2024. Akreditasi Pendidikan Sosiologi

Visi dan Misi Pendidikan Sosiologi

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam pendidikan dan pembelajaran sosiologi berbasis riset berdaya saing internasional Tahun 2025.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang melampaui SN-Dikti yang berbasis riset.

2. Melaksanakan penelitian pendidikan dan sosiologi yang fungsional dalam mendukung pembelajaran bermutu.

3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui pendayagunaan hasil penelitian pendidikan dan sosiologi.

4. Mengembangkan sistem perencanaan, sistem informasi, dan kerjasama dalam mendukung Tridharma Perguruan Tinggi Prodi Pendidikan Sosiologi berstandar mutu nasional dan internasional.

5. Melaksanakan tata kelola berdasarkan prinsip good university governance yang mendukung Tridharma Perguruan Tinggi Prodi Pendidikan Sosiologi berstandar mutu nasional dan internasional.

Tujuan Prodi Pendidikan Sosiolog


  1. Menghasilkan pendidik dan peneliti pendidikan dan sosiologi yang melampaui SN-Dikti menuju daya saing internasional.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang fungsional bagi pemecahan permasalahan dan terpublikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional.
  3. Menghasilkan produk hasil pengabdian yang relevan bagi pemecahan permasalahan pendidikan dan sosial serta terpublikasi dalam buletin ilmiah/sejenisnya.
  4. Diperolehnya kegiatan kerjasama dengan semua pihak guna mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Pendidikan Sosiologi
  5. Memiliki sistem tata kelola Pendidikan Sosiologi yang baik dan professional berbasis ICT dalam mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Pendidikan Sosiologi